Jika manusia terus saja mencari sebab, sebab, dan sebab, maka selamanya ia tidak akan menemukan Sangpencipta sebab

Jika manusia terus saja mencari sebab, sebab, dan sebab, maka selamanya ia tidak akan menemukan Sangpencipta sebab.

Allah adalah Satu-satunya Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta. Setelah semuanya tercipta Ia tidak membiarkannya begitu saja, sebab makhluk apa saja jika dibiarkan Allah ia akan hancur dengan seketika. Kekuatan yang ada di dalam semua makhluk pada hakekatnya adalah kekuatan milik Allah Swt. Apabila Allah berkehendak untuk mencabut kekuatan itu dari seseorang maka seketika orang itu akan musnah.

Dunia terus berputar, angin tetap berhembus, makhluk hidup terus tumbuh berkembang biak, musim silih berganti, musibah dan bencana terus terjadi, ada yang sedang hidup dan ada yang mati. Semua itu tidak terlepas dari takdir ilahi. Semua yang terjadi telah tertulis di dalam Lauhul mahfudz dan tidak ada yang bisa berlepas diri darinya. Apa yang terjadi adalah kehendak dan perbuatan Allah semata.

Manusia dikehendaki Allah untuk tinggal di dunia, dan Allah telah menciptakan peraturan-peraturan yang harus berlaku di dalamnya. Apabila manusia ingin tetap bertahan hidup di dunia maka ia harus mengikuti hukumnya. Untuk bisa kenyang manusia harus makan, tetapi yang menjadikan kenyang pada hakekatnya adalah Allah Swt. Bisa saja seseorang menghabiskan makanan yang sangat banyak, tetapi Allah tidak menghendaki kenyang. Untuk menjadi pandai seseoang harus belajar, namun pada hakekatnya Allahlah yang menjadikannya pandai. Betapa banyak orang yang belajar setiap hari tetapi ia tetap menjadi bodoh, sebab Allah tidak menghendakinya menjadi pandai.

Untuk mendapatkan kekayaan seseorang harus bekerja keras. Tetapi, sesungguhnya Allahlah yang menjadikannya kaya. Buktinya, banyak orang yang telah bekerja keras banting tulang siang malam, namun ia hanya mendapatkan uang yang sedikit yang cukup untuk memenuhi kebutuhan makannya sehari-hari. Agar badan tetap sehat seseorang harus berolahraga teratur dan makan makanan yang bergizi. Tetapi, pada hakekatnya Allahlah yang menjadikannya sehat. Buktinya, banyak orang yang telah berolah raga dan makan makanan yang bergizi tetapi masih tetap sakit.

Allah adalah Tuhan yang tiada Tuhan selain-Nya. Ialah Mahapemilik segala kekuatan. Ialah Mahapengatur alam semesta. Ialah yang Maha mematikan dan Maha menghidupkan. Ialah Yang Maha memuliakan dan Maha menghinakan. Ialah yang Maha mengkayakan dan Maha Memiskinkan. Ialah yang Maha mengamankan dan Maha memberi bahaya. Ialah yang Maha memaafkan dan Maha menyiksa. Ialah yang Maha memberi hidayah dan Maha menyesatkan. Hanya di tangan-Nya segala keputusan, dan semua makhluk-Nya wajib patuh dan tunduk kepada-Nya.

Allah berfirman,

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (٢٢) هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (٢٣) هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr [59]: 22-24)

 

Wallahu A’lam

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: