Jangan habiskan umurmu untuk berbicara yg tidak perlu

Jangan habiskan umurmu untuk berbicara yg tidak perlu.

Manusia adalah sebaik-baik ciptaan Allah Swt. Karena manusia adalah makhluk yang terbaik, maka Allah sangat menyayanginya dan menjaganya dari berbagai hal yang dapat merusaknya. Semua hal yang haram akan merusak badan dan jiwanya, maka Allah melarangnya. Dan semua hal yang halal akan meningkatkan kualitas badan dan jiwanya, maka Allah memerintahkannya.

Karena diciptakan dalam kondisi yang baik dan sempurna, sudah seharusnya manusia bersyukur kepada Tuhannya. Selain diberi hati dan akal, manusia diberi anugerah badan yang sehat dan kuat. Sehingga dengan badan itu ia bisa melakukan segala sesuatu yang diinginkannya. Ketika hati dan akal memiliki suatu niat dan tujuan, maka anggota badan akan siap sedia untuk menjalanannya, kapan dan dimana saja. Sungguh ini adalah salah satu nikmat Allah yang besar, bagi orang yang mau berfikir.

Meski badan dan raga manusia kuat pada saat ini, namun pada akhirnya semua akan melemah. Mata, yang ketika masa mudanya sangat tajam hingga bisa menyaksikan benda-benda dalam jarak yang cukup jauh, pada saat tua akan berkurang ketajamannya. Tangan yang dahulu kuat untuk mengangkat beban yang berat, lambat laun akan berkurang kekuatannya. Kaki yang kuat dipakai berjalan menempuh jarak yang jauh, pada saatnya akan lelah dipakai untuk berjalan beberapa langkah saja. Semua anggota badan akan melemah, dan pada akhirnya akan mati karena nyawa telah dicabut. Dan pada saat badan masuk ke dalam liang kubur, ia akan menjadi santapan cacing dan semua binatang yang hidup di dalam tanah.

Oleh karena itu, manusia yang bersyukur akan memanfaatkan waktu dan umurnya dengan baik. Selagi anggota badan masih kuat, ia akan menggunakannya untuk melakukan ketaatan dan ibadah. Seluruh anggota badannya ia sujudkan untuk menyembah satu-satunya Tuhan, Sang pencipta alam semesta. Anggota badan yang semasa hidupnya dipakai untuk bersujud, tentu akan selamat dari panasnya api neraka. Adapun anggota badan yang tidak mau menyembah kepada Allah akan merasakan panasnya api neraka. Na’udlubillahi min dzalik.

Termasuk anggota badan yang tidak mau bersyukur kepada Allah adalah lisan yang berkata-kata yang tidak baik. Mulutnya senantiasa mengeluarkan hal-hal yang negatif. Terkadang ia berbohong, terkadang memfitnah, terkadang mengadu domba, terkadang mengumpat, terkadang berkeluh kesah, terkadang berteriak-teriak ketika marah, dst. Perbuatan lisannya tentu akan memasukkannya ke dalam neraka jahannam. Diriwayatkan, bahwa pada zaman Rasulullah Saw. ada seorang perempuan yang disiplin beribadah wajib dan rajin melakukan ibadah-ibadah yang sunnah. Namun dikatakan, ia menjadi salah satu penghuni neraka karena ia tidak bisa menjaga lisannya dari menyakiti hati tetanga-tetangganya.

Apabila kita telah mengetahui bahaya lisan, maka seharusnya kita menjaganya dari hal-hal yang dilarang. Meski menjaga lisan pada zaman ini tidaklah mudah, tetapi menanggung maksiat lisan di akherat nanti jauh lebih tidak mudah. Semoga kita termasuk muslim yang mampu menjaga lisan dari perkataan-perkataan yang tidak berguna. Amiin

Rasulullah Saw. Penah bersabda, ‘Tanda bagusnya Islam seseorang adalah ia akan meninggakan hal-hal yang tidak perlu’. (HR Timidzi)

Di dalam riwayat yang lain, Suatu ketika ‘Uqbah bin ‘Amir bertanya kepada Rasulullah Saw. ‘Apa itu keselamatan wahai Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Jagalah lisanmu, ridhalah dengan apa-apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu, dan menyesallah atas kesalahan-kesalahanmu’. (HR Tirmidzi).

Wallahu A’lam

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: