Jika niatmu sedang dibelokkan oleh nafsu, tahan dulu gerakanmu. Tahan dulu sampai ia tenang, maka niatmu akan kembali lurus

Jika niatmu sedang dibelokkan oleh nafsu, tahan dulu gerakanmu. Tahan dulu sampai ia tenang, maka niatmu akan kembali lurus.

Agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia maka niat harus benar. Niat yang benar adalah niat yang hanya karena Allah. Manusia adalah hamba Allah yang Ia ciptakan untuk tujuan menyembah kepada-Nya. Oleh karena itu hendaknya manusia senantiasa meluruskan nitatnya, bahwa seluruh hidupnya ditujukan untuk melakukan pengabdian kepada Tuhan.

Allah Swt. hanya akan menerima ibadah yang dilakukan ikhlas karena-Nya. Dan ikhlas tidak akan tercapai jika manusia tidak memiliki niat yang lurus. Sebanyak dan sebesar apapun ibadah, jika dilakukan dengan niat-niat yang bengkok maka Allah akan menolaknya. Dan jika ibadah telah ditolak maka pengorbanan yang dilakukan oleh manusia tentu akan sia-sia, sebab ia tidak akan bisa mendapatkan buahnya di akherat kelak.

Setelah manusia menyadari bahwa niat yang bukan karena Allah menjadikan ibadah tertolak, maka hendaknya ia selalu menata hatinya setiap akan melakukan sesuatu. Ketika ia akan pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah misalnya, hendaknya terlebih dahulu ia memeriksa hatinya. Jika ia menemukan ada tujuan-tujuan lain selain tujuan karena Allah, maka hendaknya ia duduk sejenak, mendiamkan badannya lalu mengolah hatinya agar niatnya kembali lurus. Setelah ia merasakan niatnya hanya karena Allah maka ia boleh menjalankan ibadahnya, sehingga ibadahnya insyaAllah akan diterima.

Orang yang hanya mementingkan ibadah zahir dan tidak pernah memeriksa keadaan batinnya akan menyangka bahwa ia telah melakukan berbagai macam ibadah, namun kenyataannya ia tidak mendapatinya ada di dalam buku catatan amalnya kelak, sebab semua amalnya telah terhapus karena niat-niat yang melenceng. Kebanyakan manusia lebih mementingkan kuantitas ibadah daripada kuallitas ibadah. Siang dan malam mereka berlomba-lomba untuk memperbanyak jumlah harta yang disedekahkan, tetapi tidak pernah memperhatikan kualitas ibadahnya. Padahal Allah lebih memperhatikan kualitas ibadah meskipun hanya sedikit. Apalah artinya infak dengan harta yang sangat banyak jika pada akhirnya tidak diterima??

Satu rekaat yang dilakukan karena Allah lebih baik daripada 1000 rekaat yang dilakukan agar disebut oleh manusia sebagai orang yang shaleh. Satu hari puasa yang dijalankan karena Allah lebih baik dari 1000 hari puasa dengan tujuan agar dipanggil sebagai orang zuhud. Sedekah 1000 rupiah yang ikhlas, lebih baik daripada sedekah 100.000 rupiah karena ingin mendapatkan pujian manusia, dst.

Rasulullah Saw bersabda,.

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِى حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ –رضى الله عنه- قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ –صلى الله عليه وسلم- يَقُوْلَ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ (رواه البخاري و مسلم)

Dari Amirul mukminin Abi Hafs Umarbin Khattab Ra. berkata, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Sesungguhnya amal itu bergantung kepada niatnya. Dan setiap orang mendapatkan apa yang menjadi niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasulullah, maka ia akan mendapatkan Allah dan Rasulullah. Dam barangsiaa yanghijrahnya karena tujuan dunia atau wanita yang akan dinikahinya maka ia mendapatkan apa yang menjadi tujuannya. (HR Bukhari, Muslim).

Wallahu A’lam

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: