Rindulah kepada Rasulullah meski hanya sebentar dari umurmu. Sebab, mungkin Rasulullah akan menyambut rindumu, lalu mensyafa’atimu. Menyelamatkanmu dari panasnya api neraka

Rindulah kepada Rasulullah meski hanya sebentar dari umurmu. Sebab, mungkin Rasulullah akan menyambut rindumu, lalu mensyafa’atimu. Menyelamatkanmu dari panasnya api neraka.

Yang membedakan antara manusia dengan hewan adalah hati dan akalnya. Allah memberi manusia akal dan hati sebab manusia dibebani dengan perintah yang harus dilaksanakan dan larangan yang harus dijauhi. Dengan akal dan hatinya manusia memiliki hak untuk memilih. Apakah ia akan memilih taat kepada Allah atau tidak. Apakah ia akan memilih untuk menjauhi larangan-Nya atau malah melakukannya. Melalui Rasul-Nya, Muhammad, Allah telah menyampaikan wahyu-Nya kepadanya. Ada akibat yang akan dirasakan oleh manusia dari masing-masing pilihannya.

Allah tidak ingin memaksa manusia agar mereka menyembah kepada-Nya, sebagaimana Allah memaksa benda-benda mati untuk bertasbih kepada-Nya. Hal itu karena Allah ingin memuliakan manusia. Di dunia, manuisa telah dimuliakan Allah dengan berbagai macam fasilitas hidup. Udara, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan segala yang ada di dalam bumi ini ditundukkan untuk memenuhi kebutuhan umat manusia. Semua manusa berhak untuk menikmati kenikmatan dunia dengan tanpa terkecuali, bahkan kepada mereka yang membangkang pada perintah Allah Swt.

Dan Allah sungguh ingin menyempurnakan nikmat-Nya agar manusia tidak hanya merasakan nikmat-Nya di dunia, tetapi juga di akherat kelak. Namun kenikmatan di akherat memerlukan syarat-syarat yang harus mereka penuhi. Dan hanya mereka yang memenuhi syarat-syarat itu yang akan merasakan kenikmatan yang tiada batas itu. Diantara syarat yang utama bagi mereka yang ingin mendapatkkan kenimatan akherat itu adalah mencintai Allah dan Rasulullah Saw.

Mencintai bukan dipaksa, tetapi itu timbul dengan sendirinya. Orang yang sering berdekatan dengan seseorang maka lambaut laun ia akan mencintanya. Orang yang sering memandang sesuatu maka lambat laun ia akan mencintainya. Orang yang membiasakan diri melakukan kegiatan tertentu lambat laut ia akan mencintainya. Cinta timbul karena kedekatan, sering, dan kebiasaan. Dan cinta kepada Allah dan Rasulullah itu timbul karena seseorang selalu berdekatan dengan Allah dan Rasulullah Saw, selalu bersama Allah dan Rasulullah Saw, dan terbiasa dengan hal-hal yang dicintai oleh Allah dan Rasulullah Saw.

Ketika seseorang telah mendapatkan cinta kepada Allah dan Rasulullah Saw. maka akan timbul rindu di dalam hatinya. Ia akan merindukan pertemuan dengan Allah dan Rasulullah Saw. Dan pada saat manusia merindukan Allah dan Rasulullah Saw. maka itulah saat yang terbaik yang dimiliki oleh manusia. Karena pada saat itu Allah dan Rasulullah akan membalas kerinduannya dengan berbagai macam anugerah yang tak terbatas. Mungkin Allah akan mengangkat derajatnya ke derajat yang sangat tinggi yang tidak mampu dipandang oleh mata. Atau Allah akan memberikan pahala yang melebihi pahala satu juta kebaikan. Atau Allah akan menghapus dosa-dosanya meskipun itu sampai memenuhi langit dan bumi. Atau Nabi Muhammad Saw. akan memberikan syafa’atnya, sehingga ia memiliki tiket untuk masuk ke dalanm surga melalui pintu mana saja. Subhanallah. Itulah nilai kerinduan kepada Allah dan Rasulullah Saw.

Allah Swt. berfirman,

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran [3]: 31)

 

Wallahu A’lam

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: