Keutamaan Air Mata Yang Menangis Karena Takut Kepada Allah Swt.

Keutamaan Air Mata Yang Menangis Karena Takut Kepada Allah Swt. Pada hari kiamat nanti semua anggota badan kita akan bersaksi atas apa yang kita lakukan selama hidup di dunia. Anggota badan kita akan bisa berbicara dengan kekuasaan dan kehendak Allah Swt. Di hadapan Allah semuanya tidak akan berani berbohong. Mata akan bersaksi kepada pemiliknya, apakah selama hidup di dunia ia dipakai untuk melihat hal-hal yang baik atau hal-hal yang buruk. Telinga akan bersaksi, apakah ia dipakai untuk mendengarkan nasehat atau mendengarkan aib-aib yang dibicarakan. Tangan akan bersaksi, apakah ia dipakai untuk memberi atau untuk memukul. Kaki akan bersaksi, apakah ia digunakan untuk menuju tempat-tempat dzikir atau malah menuju ke tempat-tempat yang menjadikan manusia lalai.

Barangsiapa yang ketika hidup di dunia ia merasa takut kepada Allah lalu menggunakan anggota badannya untuk mentaati perintah Allah, maka ia tidak akan merasa khawatir ketika mendengar kesaksian anggota badannya di akherat nanti. Ia telah yakin bahwa mereka semua pasti akan berkata dengn perkataan yang baik di hadapan Allah, sebab semasa hidup di dunia ia hanya melakukan hal-hal yang baik.

Orang yang takut kepada Allah matanya akan tunduk kepada-Nya, lalu ia akan suka memandang tanda-tanda kebesaran-Nya. Matanya akan mengikuti kepalanya untuk bersujud dan memohon ampunan Allah. Matanya akan sering melihat langit ketika berdoa karena sangat berharap pada rahmat dan karunia-Nya. Matanya akan sering menangis karena mengingat dan menyesali perbuatan dosanya yang telah lalu. Air matanya begitu deras mengalir membasahi pipinya, sebab ia begitu takut jika Allah akan mengadzabnya di neraka kelak. Na’udlubillahi min dzalik.

Dan Sungguh Allah adalah Tuhan yang Maha Penerima taubat dan Pengampun dosa. Allah mengetahui siapa yang menyadari akan kesalahan masa lalunya lalu Ia akan mengampuninya. Allah mengetahui hamba-Nya yang mengakui perbuatan dosanya lalu Ia akan menghapusnya. Allah mengetahui manusia yang menyesali kemaksiatannya, lalu Ia akan mengampuni-Nya. Allah mengetahui siapa yng ingin kembali kepada-Nya, maka Ia akan memeluknya. Allah mengetahui siapa yang benar-benar mengharapkan cahaya-Nya maka Ia akan memberikannya. Allah mengetahui orang yang ingin masuk ke dalam surga-Nya, maka Ia akan memasukkannya ke dalamnya. Sungguh, keinginan yang kuat dari hamba-hamba-Nya yang ingin bertaubat kepada-Nya yang disertai dengan tetesan air mata itu amat tinggi nilainya di sisi Allah Swt.

Rasulullah Saw. telah mnejelaskan kepada kita tentang nilai air mata seorang muslim yang menetes karena takut kepada Allah Swt. Inilah beberapa hadis yang menjelaskannya:

  1. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Ra. ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda,

عَيْنَانِ لاَ تَمُسُّهُمَا النَّارُ: عَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ اللهِ، وَعَيْنٌ بَاتَتْ تَحْرُسُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

Dua mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka adalah: mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang tidak bisa tidur karena dipakai untuk jihad di jalan Allah. (HR Tirmidzi)

  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

لاَ يَلِجُ النَّارَ رَجُلٌ بَكَى مِنْ خَشْيَةِ اللهِ حَتَّى يَعُوْدَ اللَّبَنُ فِى الضَّرْعِ، وَلاَ يَجْتَمِعُ غُبَارٌ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَدُخَانُ جَهَنَّمَ

Api neraka tidak akan berani menyentuh seseorang yang menangis karena takut kepada Allah, sampai air susu kembali ke dalam teteknya. Dan tidak akan pernah bersatu antara debu jihad di jalan Allah dengan asap nereka jahanam. (HR Tirmidzi, An-Nasa’i, Al-Hakim)

  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

كُلُّ عَيْنٍ بَاكِيَةٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، إِلاَّ عَيْنٌ غَضَّتْ عَنْ مَحَارِمِ اللهِ، وَعَيْنٌ سَهِرَتْ فِى سَبِيْلِ اللهِ، وَعَيْنٌ خَرَجَ مِنْهَا مِثْلُ رَأْسِ الذُّبَابِ مِنْ خَشْيَةِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

Semua mata pada hari kiamat akan menangis, kecuali mata yang bisa menahan diri dari sesuatu yang diharamkan Allah, mata yang tidak tidur karena berjihad di jalan Allah, dan mata yang keluar darinya sebesar kepala lalat (tetesan air mata) karena takut kepada Allah. (HR Ashbahani)

  1. Diriwayatkan dari Muslim bin Yasar, ia berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda,

مَااغْرَوْرَقَتْ عَيْنٌ بِمَائِهَا إِلاَّ حَرَّمَ اللهُ سَائِرَ ذَلِكَ الْجَسَدِ عَنِ النَّارِ، وَلاَ سَالَتْ قَطْرَةٌ عَلَى خَدِّهَا فَيَرْهَقَ ذَلِكَ الْوَجْهِ قَتْرَةٌ وَلاَ ذِلَّةٌ، وَلَوْ أَنَّ بَاكِيًا بَكَى فِى أُمَّةٍ مِنَ الْأُمَمِ رَحِمُوْا، وَمَا مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ لَهُ مِقْدَارٌ وَمِيْزَانٌ إِلَى الدَّمْعَةِ فَإِنَّهُ تُطْفَأُ بِهَا بِحَارٌ مِنَ النَّارِ

Tidaklah mata yang mencucurkan air mata, kecuali Allah haramkan seluruh jasadnya dari api neraka. Tidak pula satu tetes air mata membasahi pipi hingga menutupi wajahnya, kecuali Allah haramkan seluruh jasadnya dari api neraka. Dan seandainya orang itu manangis di tengah-tengah orang banyak, maka mereka akan mengasihinya. Sesungguhnya segala sesuatu itu ada ukuran dan timbangannya, kecuali air mata, sebab ia bisa memadamkan lautan api neraka. (HR Al-Baihaqi)

  1. Rasulullah Saw. bersabda,

لَيْسَ شَيْءٌ أَحَبَّ إِلَى اللهِ مِنْ قَطْرَتَيْنِ وَأَثَرَيْنِ: قَطْرَةٌ دُمُوْعٍ مِنْ خَشْيَةِ اللهِ وَقَطْرَةُ دَمٍ تُهْرَاقُ فِى سَبِيْلِ اللهِ، وَأَمَّا الْأَثَرَانِ: أَثَرٌ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَأَثَرٌ فِى فَرِيْضَةٍ مِنْ فَرَائِضِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

Tidak ada sesuatu pun yang lebih dicintai Allah melainkan dua tetesan dan dua bekas. Dua tetesan itu adalah: tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah karena berjihad di jalan Allah. Adapun dua bekas adalah: bekas yang tampak karena berjihad di jalan Allah dan bekas yang terlihat karena melaksanakan seluruh ibadah yang diwajibkan Allah Swt. (HR Tirmidzi).

 

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: