Amal Ibadah Yang Akan Menghapus Dosa Yang Telah Lalu Dan Yang akan Datang

Amal Ibadah Yang Akan Menghapus Dosa Yang Telah Lalu Dan Yang akan Datang

Manusia adalah makhluk yang memiliki sifat tidak sempurna. Karena tidak sempurna maka ia sering berbuat salah dan dosa. Dan karena sering berbuat dosa maka Allah terus membuka pintu taubat-Nya sampai hari kiamat. Selama manusia masih bernafas ia terus memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan mensucikan hati. Pintu rahmat Allah senantiasa terbuka bagi siapa saja yang berusaha membukanya. Dan ampunan Allah akan diberikan kepada siapa yang mau terus memintanya.

Ampunan Allah akan diberikan kepada orang-orang yang sungguh-sungguh ingin mendapatkannya. Dan bagi mereka yang sungguh-sungguh ingin mendapatkannya maka pasti Allah akan memberikan jalan-Nya. Ada berbagai jenis ibadah dan kebaikan yang telah diciptakan Allah yang berfungsi untuk menghapus dosa-dosa para pendosa. Apabila para pendosa ingin membersihkan dirinya maka mereka harus menjalankan ibadah-ibadah itu. Dan apabila mereka telah bersih dari dosa-dosa maka ibadah itu akan beralih fungsi menjadi pengangkat derajat mereka di surga.

Sungguh Allah Tuhan Maha Pengampun dari segala dosa, dan Ia sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang mau mendekat kepada-Nya untuk meminta ampun. Allah tidak pernah bosan untuk menerima permohonan ampun dari hamba-hamba-Nya yang terus mengulangi dosa-dosanya. Justru Ia senang jika ada manusia yang terus berbuat dosa, tetapi ia juga terus beristighfar kepada-Nya. Dan Ia tidak menyukai manusia yang berputus asa karena ia menganggap bahwa dosanya begitu besar. Ketahuilah, bahwa perbuatan maksiat-meskipun itu memenuhi langit dan bumi- tetaplah kecil di sisi Allah. Karena dengan Rahmat-Nya, Allah mampu membuat dosa yang besar itu menjadi kecil bahkan hilang sama sekali. Dan Ia berhak mengangkat derajat mantan para pendosa hingga mereka menjadi kekasih-kekasih-Nya.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kita tentang amal-amal ibadah yang apabila dikerjakan dengan baik, akan dapat menghapus dosa-dosa umatnya, sehingga mereka akan mendapatkan ampunan dan ridha-Nya. Inilah beberapa amal ibadah itu:

  1. Menyempurnakan wudhu

Rasulullah Saw. bersabda,

لاَ يَسْبَغُ الْوُضُوْءَ عَبْدٌ إِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

Tidaklah seorang muslim menempurnakan wudhunya, kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosonya, baik dosa yang telah lalu maupun dosa yang aka datang. (HR An-Nasa’i, Al-Bazzar)

  1. Menjawab lafadz adzan seorang muadzzin

Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ قَالَ حِيْنَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، رَضِيْتُ بِاللهِ رَبَّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلاً وَبِالْإِسْلاَمِ دِيْنًا، غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

Barangsiapa yang setelah mendengar adzan membaca doa, ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Dan aku ridha Allah sebagai Tuhan, Muhammad sebagai Rasul, dan Islam sebagai agamaku’, maka akan diampuni dosanya. (HR Muslim)

  1. Membaca ‘amin’ di dalam shalat

Rasulullah Saw. bersabda,

إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوْا، فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تُؤَمِّنُ، فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنَهُ تَأْمِيْنُ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Jika imam membaca ‘amin’ hendaknya kalian juga ikut membacanya, karena para Malaikat pun ikut mengamininya. Barangsiapa bacaan ‘amin’-nya bersamaan dengan ‘amin’ para Malaikat maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR Muslim)

  1. Menunaikan shalat Dzuha

Rasulullah Saw. bersabda, Barangsiapa yang menunaikan shalat Dzuha maka dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun dosa yang akan datang. Kecuali dosa yang berkaitan dengan Qishas.

  1. Membaca Al-Qur’an setelah shalat Jum’at

Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ قَرَأَ إِذَا سَلَّمَ الْإِمَامُ مِنْ صَلاَةِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ أَنْ يَثْنِيَ رِجْلَهُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ، وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ سَبْعًا سَبْعًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ وَأُعْطِيَ مِنَ الْأَجْرِ بِعَدَدِ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Barangsiapa yang membaca surat Al-Fatehah setelah imam salam dari shalat jumat, dan sebelum ia membuka kakinya dari duduk iftirasy, lalu ia membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas sebanyak tujuh kali-tujuh kali, maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun yang akan datang. Dan ia diberi pahala sama seperti pahala orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. (HR Abul As’ad Al-Qusyairi).

  1. Menghidupkan Ramadhan dengan shalat malam

Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang menghidupkan bulan Ramadhan dengn iman dan hanya mengharap ridha Allah Swt. maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR Bukhari, Muslim)

  1. Puasa hari Arafah

Diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, Barangsiapa puasa pada hari Arafah maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun yang akan datang.

  1. Berkurban di Masjid Al-Aqsha

Diriwayatkan dari Ummu Salamah Ra. bahwa Raulullah Saw. bersabda, Barangsiapa yang berkurban untuk haji atau umrah dari Masjid Al-Aqsha sampai masjid Al-Haram maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun yang akan datang. Dan diwajibkan surga untuknya.

  1. Menunaikan ibadah haji dengan ikhlas

Diriwayatkan dari Aisyah Ra., ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, Apabila seseorang keluar untuk menunaikan ibadah haji maka ia berada di dalam lindungan Allah Swt. Jika ia mati sebelum selesai menunaikan amalan ibadah haji, maka hajinya langsung diterima Allah. Dan jika ia panjang umur hingga selesai menunaikan amalan ibadah hajinya, maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun dosa yang akan datang. Dan menginfakkan satu dirham pada saat beribadah haji, pahalanya sama dengan sejuta kebaikan dibanding berinfak di jalan Allah di tempat yang lain.

  1. Shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim

Al-Qadhi ‘Iyadh mengatakan di dalam kitab Asy-Syifa’, bahwa orang yang shalat dua rekaat di belakang Maqam Ibrahim dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lau maupun dosa yang akan datang. Dan di hari kiamat nanti ia akan berkumpul bersama golongan orang-orang yang selamat. (HR Ibnu Hajar)

  1. Membaca Tasbih, Tahlil, dan Takbir

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca Tasbih sebanyak 100 kali, Tahmid 100 kali, dan Takbir 100 kali maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu mapun dosa yang akan datang. (HR Ahmad, An-Nasa’i)

  1. Menuntun orang buta yang berjalan

Diriwayatkan, Barangsiapa yang menuntun orang buta sebanyak 40 langkah, maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun dosa yang akan datang.

  1. Meringankan beban orang muslim

Diriwayatkan, Barangsiapa yang berusaha memenuhi kebutuhan seorang muslim, baik terlaksana atau tidak, maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun yang akan datang. Dan ia diberi dua kebebasan; Terbebas dari api neraka dan terbebas dari kemunafikan.

  1. Bersalaman

Rasulullah Saw. bersabda, Tidaklah dua orang hamba yang saling mencintai karena Allah bertemu, kemudian bersalaman dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw., kecuali dosa-dosanya akan diampuni sebelum keduanya berpisah, baik dosa yang telah lalu maupun dosa yang akan datang.  (HR Imam Ahmad, Al-Bazzar)

  1. Membaca Hamdalah setelah selesai makan

Rasulullah Saw. bersabda, Barangsiapa yang memakan sebuah makanan, kemudian ia membaca, ‘Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan menjadikannya sebagai rezeki bagiku tanpa dengan susah payah mengeluarkan tenaga’, maka dosa-dosanya akan diampuni, baik dosa yang telah lalu maupun yang akan datang. (HR Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi)

 

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: