Keutamaan Mengeluarkan Zakat dan Infak

Keutamaan Mengeluarkan Zakat dan InfakAllah menyuruh manusia untuk menjadi hamba yang bersyukur, karena bersyukur akan mengakibatkan tidak hilangnya nikmat yang telah kita dapatkan. Bahkan justru dengan bersyukur akan menambah nikmat menjadi lebih banyak. Bersyukur dapat dilakukan dengan tiga cara; Yaitu dengan hati yang memandang Allah sebagai satu-satunya Tuhan Sang Pemberi rezeki dan Penganugerah nikmat, lisan yang bergerak-gerak memuji kepada Allah dengan kalimat Alhamdulillah, dan anggota badan yang tunduk untuk menjalankan ibadah kepada Allah Swt.

Allah memberi hati dan akal yang sehat, maka manusia harus mensyukurinya dengan menjalankan perintah Allah untuk senantiasa membersihkan hati dari penyakit-penyakit hati, dan menggunakna akal yang sehat untuk mempelajari ilmu-ilmu-Nya. Allah memberi badan yang kuat dan sehat, maka manusia mensyukurinya dengan menjalankan perintah ibadah shalat, puasa, dan berdzikir. Allah telah memberi kelapangan harta, maka manusia menyukurinya dengan melaksanakan ibadah haji, zakat, infak, dan sedekah. Kepada hamba-hamba yang memberikan seluruh pikiran, tenaga, dan hartanya untuk mengabdi kepada Allah, maka Dia akan menggantinya dengan balasan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan dibayangkan dengan angan-angan.

Sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya. Oleh karena itu, jika Allah memerintahkan kita dengan sesuatu seharusnya kita melakukannya dengan keikhlasan dan ketuluan hati. Diri kita adalah milik-Nya, maka ia berhak memerintahkan apa saja kepada badan dan jiwa kita. Harta kita adalah milik-Nya maka Ia berhak memerintahkan apa saja atas harta kita. Pada hakekatnya manusia tidak memiliki apa-apa dan tidak berkuasa atas apa pun. Oleh karena itu manusia seharusya pasrah total atas apa yang menjadi kehendak-Nya. Dan kepada hamba-Nya yang mau memasrahkan diri dan hartanya secara total kepada Allah, maka Dia akan menganugerahkan padanya kebahagiaan yang tiada lagi kebahagian di atasnya. Itulah kebahagiaan surga yang kekal abadi. Di dalamnya ia akan menikmati nikmatnya hidangan-hidangan Allah yang tidak akan membuatnya menjadi bosan. Sebab sifat dari kenikmatan surga adalah ia akan terus bertambah nikmat setiap harinya, sampai batas waktu yang hanya Allah yang tahu.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kta tentang keutamaan orang-orang yang mau membelanjakan hartanya di jalan Allah dengan hati yang ikhlas. Inilah beberapa keutamaannya:

  1. Zakat merupakan salah satu perbuatan yang dapat menyebabkan seseorang masuk surga

Rasulullah Saw. bersabda,

مَا مِنْ عَبْدٍ يُصَلِّى الصَلَوَاتِ الْخَمْسِ وَيَصُوْمَ رَمَضَانَ وَيُخْرِجُ الزَّكَاةَ وَيَجْتَنِبُ الْكَبَائِرِ السَّبْعِ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَقِيْلَ لَهُ ادْخُلْ بِسَلاَمٍ

Tidak ada seorang pun yang mengerjakan shalat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramadhan, mengeluarkan zakat, menjauhi tujuh dosa-dosa besar, kecuali akan dibukakan baginya pintu-pintu surga, dan akan dikatakakan padanya, ‘Masuklah dengan selamat’. (HR An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Diriwayatkan juga, ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw. Ia berkata,

دُلَّنِيْ عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ دَخَلْتُ الْجَنَّةَ؟ قَالَ: تَعْبُدُ اللهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوْبَةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَتَصِلُ الرَّحِمِ

Beritahukanlah padaku tentang suatu perbuatan yang dapat memasukkanku ke dalam surga?, Rasulullah Saw. menjawab, ‘Kamu menyembah kepada Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, mendirikan shalat, membayar zakat, dan menyambung tali silaturrahim’. (HR Bukhari, Muslim)

  1. Zakat dapat membersihkan hati manusia dari penyakit-penyakit hati dan menghilangkan dosa-dosa

Diriwayatkan, bahwa seorang laki-laki pernah datang menghadap Nabi Muhammad Saw. Ia memberitahukan kepada Nabi bahwa ia adalah orang yang memiliki banyak harta dan anggota keluarga. Lalu ia berkata,

أَخْبِرْنِيْ يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ أَصْنَعُ وَكَيْفَ أُنْفِقُ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تُخْرِجُ الزَّكَاةَ مِنْ مَالِكَ فَإِنَّهَا طُهْرَةٌ تُطَهِّرُكَ وَتَصِلُ أَقْرِبَائَكَ وَتَعْرِفُ حَقَّ الْمِسْكِيْنَ وَالْجَارِ وَالسَّائِلِ

Beritahukan kepadaku wahai Rasulullah, bagaimana aku berbuat, dan bagaimana caranya aku menafkahkan hartaku?, Maka Rasulullah Saw. menjawab, ‘Keluarkanlah zakat dari hartamu itu, karena sesungguhnya zakat itu adalah kebersihan yang akan membersihkan dirimu. Sambunglah hubungan kekerabatan, kenalilah hak-hak orang miskin, tetangga, dan orang-orang yang meminta-minta. (HR Ahmad)

  1. Zakat adalah jembatan dalam Islam

Rasulullah saw. telah mengatakan bahwa pada hari kiamat nanti setiap muslim akan melewati sebuah jembatan yang membantang di atas neraka jahannam. Pada saat itu orang yang mengeluarkan zakat akan dapat menyeberanginya, sedangkan orang-orang yang tidak membayar zakat tidak akan bisa menyeberanginya dan ia akan terjatuh.

  1. Zakat merupakan salah satu saham (bagian) dari delapan bagian dalam Islam

Rasulullah Saw. bersabda, Islam terdiri dari delapan bagian; Islam adalah satu bagian, shalat adalah satu bagian, zakat adalah satu bagian, puasa adalah satu bagian, haji di baitullah adalah satu bagian,memerintah kepada yang ma’ruf adalah satu bagian, mencegah dari yang mungkar adalah satu bagian, dan berjihad di jalan Allah adalah satu bagian. Sungguh merugi orang yang tidak memiliki satu bagian pun. (HR al-Bazzar)

  1. Orang yang mengeluarkan zakat akan terhindar dari kejelekan hartanya

Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ أَدَّى زَكَاةَ مَالِهِ فَقَدْ ذَهَبَ عَنْهُ شَرُّهُ

Barangsiapa yang membayar zakat hartanya, sungguh telah hilang kejelekan darinya. (HR Thabrani)

  1. Zakat merupakan perisai yang dapat menjaga harta seseorang dari pencurian dan kehilangan.

Rasulullah Saw. bersabda,

حَصِّنُوْا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَدَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ وَاسْتَقْبَلُوْا أَمْوَاجَ الْبَلاَءِ بِالدُّعَاءِ وَالتَّضَرُّعِ

Jagalah harta-harta kalian dengan zakat. Obatilah sakit-sakit kalian dengan sedekah. Sambutlah gelombang ujian dengan berdoa dan tadharru’. (HR Abu Dawud)

  1. Zakat merupakan bukti kesempurnaan keislaman seseorang

Rasulllah Saw. besabda,

إِنَّ تَمَامَ إِسْلاَمِكُمْ أَنْ تُؤَدُّوْا زَكَاةَ أَمْوَالِكُمْ

Sesungguhnya kesempurnaan keislaman kalian adalah dengan membayar zakat harta kalian. (HR al-Bazzar)

  1. Zakat merupakan tingkatan kedua di dalam Islam

Ibnu Mas’ud pernah ditanya oleh seseorang, ‘tingkatan apa yang paling utama dalam Islam?’ ia menjawab, ‘Shalat’ sang penanya bertanya lagi, ‘Kemudian apa lagi?’ ia menjawab, ‘Zakat’. (HR Thabrani)

  1. Barangsiapa yang mengeluarkan zakat maka ia telah merasakan manisnya iman

Rasulullah Saw. bersabda,

ثَلاَثٌ مَنْ فَعَلَهُنَّ فَقَدْ طَعِمَ طَعْمَ الْإِيْمَانِ: مَنْ عَبَدَ اللهَ وَحْدَهُ وَعَلِمَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَعْطَى زَكَاةَ مَالِهِ طَيِّبَةً بِهَا نَفْسُهُ رَافِدَةً عَلَيْهِ كُلَّ عَامٍ وَلَمْ يُعْطِى الْهَرِمَةَ وَلاَ الدَّرِنَةَ وَلاَ الْمَرِيْضَةَ وَلاَ الشَّرَطَ اللَّئِيْمَةَ وَلَكِنْ مِنْ وَسَطِ أَمْوَالِكُمْ فَإِنَّ اللهَ لَمْ يَسْأَلْكُمْ خَيْرَهُ وَلَمْ يَأْمُرْكُمْ بِشَرِّهِ

Ada tiga hal yang barangsiapa mengerjakannya maka ia telah merasakan manisnya iman; Orang yang menyembah Allah dan mengetahui bahwa tiada tuhan yang patut disambah kecuali Allah. Memberikan zakat hartanya dengan senang hati dan dengan hati yang mendorongnya untuk mengeluarkan yang terbaik di setiap tahunnya. Ia tidak memberikan hewan yang tua, yang kotor, yang sakit, dan yang hina, tetapi ia memberikan yang wajar. Karena sesungguhnya Allah telah meminta kepada kalian untuk menafkahkan yang terbaik diantar harta-harta kalian, dan Dia tidak memerintahkan untuk menfkahkan harta yang terjelek diantara kalian. (HR Abu Dawud)

 

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: