Keutamaan Shalat Sunnah Diantara Waktu Maghrib dan Isya’

Keutamaan Shalat Sunnah Diantara Waktu Maghrib dan Isya’Tanda umur yang berkah adalah waktu-waktunya senantiasa diisi untuk melakukan ketaatan dan ibadah. Sebab ibadah itulah yang akan menjadikan kekalnya waktu. Sedangkan waktu yang tidak terisi dengan ibadah hanya tinggal kenangan yang tidak memiliki manfaat apa-apa. Waktu yang kosong dari kebaikan tidak akan bisa dipetik buahnya di akherat kelak. Dan diakerat nanti, orang-orang yang menyia-nyiakan waktunya untuk bersantai, bermain-main, dan bersenang-senang akan menyesalinya. Lebih-lebih mereka yang menggunakan waktunya untuk bermaksiat kepada-Nya, maka ia harus menanggung pedihnya siksaan dalam waktu yang lama, Na’udlubillahi min Dzalik.

Umur yang pendek tetapi berkah lebih dicintai oleh Allah dari pada umur yang panjang tetapi tidak berkah. Sebab umur yang berkah akan mengantarkannya pada kebahagiaan yang hakiki, sedangkan umur yang tidak berkah akan mengantarkannya pada kebahagiaan semu yang sebentar dan akan berakhir. Orang yang diberi umur yang berkah dapat diketahui dari bagaimana ia menghabiskan waktu kesehariannya. Ia pasti akan terlihat menjalankan ibadah-ibadah yang wajib. Ia juga akan menggunakan waktunya untuk melakukan ibadah-ibadah yang sunnah yang diperintahkan oleh Rasulullah Saw.

Orang yang berkah umurnya pasti jauh dari hawa nafsu dan dekat dengan ketaatan. Karena nafsu telah dikeluarkan dari badannya maka ia menjadi ringan untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Dalam umur yang sedikit ia mampu membekali dirinya dengan segunung ibadah yang belum tentu bisa didapatkan oleh orang yang panjang umurnya. Ia begitu disiplin terhadap aturan Allah Swt. Dimana ada peluang untuk mendapatkan keutamaan ibadah maka ia akan menjadi orang yang paling cepat melakukannya. Dan ia akan melakukannya dengan ikhlas karena Allah, sebab ia tahu hanya ibadah yang ikhlas yang menjadikan waktu dan umurnya tidak sia-sia. Ketika ia mendengar hadits-hadits Rasulullah tentang keutamaan ibadah shalat di waktu antara Maghrib dan Isya’, maka ia akan segera menjalankannya.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kita tentang keutamaan-keutamaan melaksanakan shalat sunnah diantara Maghrib dan Isya’. Inilah beberapa keutamaannya:

  1. Pahala shalat sunnah antara Maghrib dan Isya’ menyamai pahala ibadah yang dilakukan selama dua belas tahun

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. bahwa RasulullahSaw. Bersabda,

مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيْمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوْءٍ عُدِلْنَ بِعِبَادَةِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً

Barangsiapa yang mengerjakan shalat sunnah setelah Maghrib sebanyak enam rekaat, dimana ia tidak membicarakan suatu hal yang jelek diantara shalat-shalat itu, maka pahalanya disamakan dengan pahala ibadah selama dua belas tahun  (HR Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah)

  1. Barangsiapa yang menjaga shalat tersebut maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Ra. dari Nabi Muhammad Saw. bahwa beliau bersabda,

مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Barangsiapa yang mengerjakan shalat setelah Maghrib sebanyak enam rekaat, maka akan diampuni baginya dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan. (HR Thabrani)

  1. Allah akan membangunkan untuknya satu rumah di surga

Dari Aisyah Ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبَ عِشْرِيْنَ رَكَعَةً بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang shalat setelah Maghrib sebanyak 20 rekaat, maka Allah akan membangunkan ungtuknya sebuah rumah di surga. (HR Ibnu Majah)

  1. Shalat tersebut akan diangkat dan dimasukkan ke dalam ‘Illiyyin (kitab yang dikhusukan untuk mencatat semua perbuatan orang yang taat).

Diriwayatkan dari Makhul Ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, Barangsiapa yang mengerjakan shalat dua rekaat setelah Maghrib dan sebelum ia berbicara -dalam riwayat yang lain empat rekaat- maka shalatnya akan diangkat ke ‘Illiyyin.

 

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: