Tentang Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Syihab

Tentang Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Syihab. Tentang al Habib Abdullah bin Muhammad Bin Syihab , kita mesti menengok kebelakang tentang Enjid ( Kakek ) beliau , yakni seorang Wali Qhuthub yang agung bernama Al Habib Alawiy bin Abdullah bin Syihab . Salah satu tokoh yang penah memegang tampuk kepemimpinan Rubath Tarem khususnya , dan kota Tarem pada umumnya .

Beliau mempunyai seorang putra bernama Muhammad .Meskipun orang saat melihat keagungan al Habib Alwi maka mereka akan merasa takjub , beliau malahan berkata .
Sebuah perkataan yang menunjukkan bahwa Birrul Walidain adalah sebuah Ibadan / amal yang sangat tinggi nilainya . Beliau berkata :

“ Anakku , si Muhammad ini , maqam kedudukannya lebih tinggi dari maqam kedudukanku . Hal itu karena berbaktinya dia dengan diriku sebagai orangtuanya . Sesuatu yang tidak bisa aku lakukan dengan sempurna .

Diriwayatkan bahwa al habiib Muhammad ini setiap hharinya tidak ppernah berpisah dengan ayahnya . Mengurus segala kebtuhannya dan tidak akan beranjak pergi kecuali jika ayahnya telah tertidur .

Adapun al Habib Alwi sendiri , beliau tidak dapat sempurna berbakti dengan ayahnya yakni alhabib Abdullah bin syihab , konon malah tidak pernah bertemu dengannya . Karena al Habib Abdullah ini selalu saja berpergian ke tempat yang jauh , bahkan beliau al habib Abdullah bin Syihab akhirnya menetap di Palembang dan wafat serta dikuburkan di sana .

Saat mutakhir ini , dikota Tarem nyaris al habib Abdullah bin Muhammad bin Alwi bin Syihab yang paling dituakan . menjadi rujukan segala lapisan masyarakat . Beliau dari segi penampilan jasad lahiriyyah , tentang cara berpakaian , wajahnya , tubuh serta gesturnya dan juga penampilan bathiniyyah sangat mirip dengan kakek beliau , al quthub Alwi bin Abdullah

Al Habib Zain bin Ibrahim bin Tsumait Madinah , jika melihat diri al Habib Adullah , seringkali beliau ttidak mampu menahan tangisnya . teringat akan sosok agung , Sayyidinal Habib Alwi bin Syihab dahulu kala .

Dan begitu pentingnya sosok Al Habib Abdullah , beliau sampai belum mendapatkan ijin dari Baginda Rasulullah SAW untuk keluar dari kota Tarem , kecuali saat menunaikan Ibadah Haji .

Banyak tokoh – tokoh utama yang menyatakan bahwa : “ Al Habib Abdullah bin Muhammad bin Alwi ini salah satu dari seorang Shalihin yang telah sampai derajat berjumpa dengan baginda Nabi SAW dalam keadaan terjaga . “
Wallahu A’lam

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: