Hanya Dengan Takwa Semua Masalah Yang Menimpamu Akan Cepat Selesai

Hanya Dengan Takwa Semua Masalah Yang Menimpamu Akan Cepat Selesai . Setiap orang yang hidup pasti pernah mengalami suatu permasalahan, baik itu permasalahn kecil yang mudah untuk diselesaikan maupun permasalahan besar yang sukar ditemukan jalan keluarnya. Pada hakekatnya segala permasalahan yang menimpa manusia adalah ujian dari Allah SWT. Aapakah dengan ujian itu ia akan kembali kepada Allah lalu memohon pertolongan kepada-Nya dengan takwa, atau malah ia akan meminta bantuan pada selain Allah, lalu ia akan bermaksat kepada-Nya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا* وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ…*

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, maka (niscaya) Allah akan memberikan pada mereka jalan keluar, dan Allah akan memberikan rezeki (dari tempat) yang tidak di sangka-sangka. (QS. At-Thalaq/ 65 ; 2 – 3)

HIKMAH HADITS:

Bahwa orang yang bertakwa, senantiasa akan dimuliakan oleh Allah SWT. Diantara bentuk kemuliaan yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang bertakwa (sebagaimana digambarkan dalam ayat di atas) adalah Allah akan memberikan “jalan-jalan keluar” dari segala permasalahan kehidupan yang dihadapinya serta akan Allah berikan kepada mereka rizki dari tempat yang tiada di sangka-sangka. Kedua benefit tersebut merupakan impian dari setiap orang yang menjalani kehidupan dunia yang fana dan penuh dengan fatamorgana.

Takwa merupakan kunci kesuksesan. Orang yang bertakwa, insya Allah akan meraih kesuksesan, baik sukses di dunia maupun sukses di akhirat. Kita sering mendengar motivasi dari para trainer, bahwa jika ingin sukses kita harus jujur (shiddiq), bekerja keras (mujahadah), kerjsama (ta’awun wal ukhuwah), profesional (itqan), berbagi (infak & shadaqah), memaafkan (al-af’wu), tulus (ikhlas), positif thinking (husnudzan), dsb. Sebenarnya, semua nilai-nilai tersebut, terangkum dalam sebuah kata yang indah, yaitu takwa. Karena semua nilai-nilai itu adalah substansi yang tidak terpisahkan dari ketakwaan kepada Allah SWT. Hanya kebanyakan kita terkadang kurang menyadari makna dan hakekatnya.

Bahwa orang yang bertakwa bukanlah orang yang tidak memiliki “masalah”. Orang-orang yang bertakwa adalah orang-orang yang juga memiliki permasalahan dalam kehidupannya. Bahkan mungkin permasalahan yang dihadapinya jauh lebih banyak dan lebih besar dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya. Namun ketakwaannyalah yang kemudian mengantarkannya pada “jalan-jalan keluar” dari segala permasalahan kehidupan yang dihadapinya. Sehingga kendatipun memiliki banyak permasalahan, ia tetap dapat menjalani kehidupanya dengan baik, karena ia selalu diberikan jalan keluar yang baik oleh Allah SWT.

Bahwa orang yang bertakwa, akan mendapatkan benefit (baca ; buah) yang akan diraihnya baik di dunia maupun di akhirat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

#1. Mendapatkan pujian dan sanjungan dari Allah SWT.

Hal ini terlihat jelas manakala kita membuka-buka lembaran-lembaran kitab suci Al-Qur’an, di sana banyak sekali pujian yang Allah berikan pada orang-orang yang bertakwa. Diantaranya adalah dalam awal surat al-Baqarah, ketika Allah menyebutkan ciri-ciri orang yang bertakwa… Allah menutupnya dengan ungkapan yang sangat halus dan indah, “…mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari Rab mereka, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Baqarah/ 2 : 1-5)

#2. Mendapatkan pertolongan Allah SWT.

Orang yang bertakwa, insya Allah senantiasa akan mendapatkan pertolongan Allah SWT (baca ; nashrullah). Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nahl/ 16: 128

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.

#3. Mendapatkan cinta Allah.
Hal ini digambarkan dalam surat Ali Imran (QS. 3: 76)

بَلَى مَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ وَاتَّقَى فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ

(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa.

#4. Islahul Amal (memperbaiki amalan)

Maksudnya adalah, bahwa Allah SWT akan membimbingnya untuk senantiasa melakukan amalan-amalan yang baik dan banyak memiliki manfaat bagi orang lain. Mengenai hal ini Allah SWT mengatakan dalam QS. Al-Ahzab/ 33 : 70-71

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا* يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا*

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta`ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

#5. Ampunan dosa & kesalahan

Orang yang bertakwa akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, sebagaimana yang Allah firmankan dalam QS. 33 : 70 – 71 diatas. Dalam ayat lain Allah juga berfirman (QS. At-Thalaq/ 65: 5)

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.

#6. Mendapatkan furqan, antara yang haq dan bathil

Ketakwaan akan mendatangkan furqan (baca ; pembeda) bagi seseorang untuk dapat membedakan antara haq dan bathil. Orang yang bertakwa, insya Allah tidak akan keliru dalam memilih dan memilah antara yang haq dan yang bathil. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Anfal (8 : 29) :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.

#7. Dilapangkan rizki, dan dimudahkan dari segala kesulitan
Hal ini Allah gambarkan dalam Al-Qur’an, (QS. At-Thalaq/ 65 : 2-3)

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا* وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan pada mereka jalan keluar, dan Allah akan memberikan rezeki yang tidak di sangka-sangka.

#8. Mendapatkan keselamatan dari azab kubur dan azab neraka
Orang yang bertakwa, akan Allah bebaskan dari azab kubur dan azab nereka. Hal ini sebagaimana dalam firman-Nya QS. Maryam/ 19 : 72

ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا

Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.

#9. Mendapatkan surga

Dan akhirnya, inilah yang didamba oleh setiap hamba, yaitu mendapatkan keridhaan Allah SWT dalam jannah-Nya. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Qamar/ 54 : 54 – 55

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَنَهَرٍ*فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa.


Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: