KH. Hasyim Asy’ari Adalah Guru Syekh Yasin Al-Fadani

KH. Hasyim Asy’ari Adalah Guru Syekh Yasin Al-Fadani. Bukan dikatakan ulama jika ia tidak menghormati ulama lainnya. Meskipun ia dipanggil oleh masyarakat sebagai ulama, namun mereka tidak merasa sebagai ulama. Mereka tetap merasa sebagai santri yang terus merasa kurang dan kurang dalam ilmu agama Islam. Sehingga ketika seorang ulama mengetahui bahwa temannya memiliki suatu kelebihan atau keistimewaan dalam suatu ilmu maka ia akan rela menjadi santrinya.

Dalam bidang sanad, Syaikh Yasin menempati posisi tertinggi pada zamannya dan beliau sangat dikagumi oleh banyak ulama dari penjuru dunia. Syaikh Yasin ibn Isa al-Fadany dikenal sebagai Musnid Dun-nya sangat haus dengan ilmu. Meskipun ilmunya sudah seperti lautan, ia selalu mencari dan mencari ilmu, terlebih ilmu yang berkenaan dengan sanad atau transmisi silsilah keilmuan.

Banyak guru-guru Syaikh Yasin yang berasal dari Nusantara, baik yang mengajar di Masjidil Haram maupun yang ada di Nusantara, seperti Syaikh Ali al-Banjari, Syaikh Baqir al-Jukjawi, Syaikh Abdul Muhid al-Sidoarjoi, Kiai Wahab Hasbullah, Kiai Baidlowi Lasem, dan Kiai Hasyim Asy’ari.

Mendengar kealiman Kiai Hasyim Asy’ari, Syaikh Yasin ingin sekali berguru dan meminta sanad kepadanya yang diriwayatkan dari ulama Haramain, khususnya Syaikh Mahfudz al-Termasi. Karena banyaknya wadifah di Haramain, Syaikh Yasin belum sempat meminta sanad langsung kepada Kiai Hasyim.

Akhirnya, Syaikh Yasin meminta tolong kepada menantu Kiai Hasyim yang sekaligus gurunya di Dar al-Ulum, Kiai Muhaimin al-Lasemi untuk memintakan sanad kepada Kiai Hasyim lewat sebuat surat ketika ia hendak ke Nusantara. Selain melalui suratnya, Syaikh Yasin juga pernah talaqqi dengan Kiai Hasyim ketika ia sedang menunaikan ibadah haji di Makkah dan ketika Syaikh Yasin ziarah di Indonesia.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: