Hikmah Bersabar Menghadapi Pasangan

Hikmah Bersabar Menghadapi Pasangan. Pernikahan adalah salah satu perintah yang hukumnya sunnah dijalankan oleh setiap muslim. Oleh karena itu janganlah seseorang itu menikah kecuali karena menjalankan perintah Allah SWT. Di dalam pernikahan ada banyak hal yang kita hadapi. Jika kita hanya mencari kesenangan nafsu di dalam pernikahan maka kita akan menapatkan sebagian saja. Karena sebagian yang lain adalah kesedihan.

Segalanya telah berada di dalam takdir-Nya. Akan tetapi Allah meminta hak kepada kita dalam masing-masing kondisi. Apabila kesenangan sedang menyelimuti kita maka kita wajib bersyukur. Dan apabila kesedihan sedang memenjara kita maka kita harus bersabar. Bersyukur dan bersabar dengan maksud untuk mendapatkan ridlo dari Allah SWT.

Kata Syeikh Muhammad Mutawalli As-Sha’rawi, “Seseorang boleh diangkat darjatnya oleh Allah سبحانه و تعالى dengan bersabar dengan perkara yang tak disukainya pada pasangannya.”

Sebab Allah menjanjikan – “Jika kamu tak suka pada pasangan kamu tapi kamu bersabar, Allah سبحانه و تعالى berjanji akan berikan kebaikan yang banyak.”

Sabar dan Allah akan beri kebaikan yang banyak, atau jika kamu tak sabar, maka akan berlaku perceraian.

Syeikh Muhammad Mutawalli As-Sha’rawi menceritakan: Ada seorang itu jika datang ke majlis, wajahnya berseri-seri dan disanjung orang. Setelah beberapa lama, tiada lagi apa yang pernah dilihat padanya.

Lalu ditanya padanya, “Dulu kami nampak kamu lain macam, tapi sekarang sudah tidak ada apa yang kami nampak dulu.”

Jawabnya, “Ya, dulu saya diganggu isteri saya dan saya bersabar sehingga saya diberi kebaikan yang banyak. Tapi sekarang isteri saya sudah meninggal dunia dan kebaikan itu tiada lagi diberikan kepada saya.”

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: