Akhlak Al Habib Anis bin Alwi bin Al Habib Ali Al Habsyi Ketika Mengathui Toko kainnya Terbakar

Akhlak Al Habib Anis bin Alwi bin Al Habib Ali Al Habsyi Ketika Mengathui Toko kainnya Terbakar. Akhlak itu satu sikap orang yang soleh ketika menghadapi sutau musibah adalah bersabar dan menerima. Karena segala yang terjadi tidak lepas dari takdir Allah SWT, dan segala yang dilakukan oleh Allah adalah baik. Ada hikmah di balik setiap peristiwa yang tidak mengenakkan, sehingga orang yang soleh tetap merasa tenang.

Andaikata diantara kita ada yang pernah memandang langsung beliau Habib Anis, niscaya dalam hati kita akan meyakini bahwa inilah hamba Allah yang istiqomah dalam menapaki jejak datuk-datuknya sampai ke Rasulullah. Berikut adalah kisah yang membuktikan bagaimana keteguhan hati Habib Anis dalam menyikapi problematika kehidupan.

Beliau selain membimbing umat dimasjid Arriyadh,beliau juga punya usaha yaitu pabrik kain batik didekat rumah beliau didaerah gurawan. Suatu hari pabrik itu terbakar,kemudian banyak orang yang bingung dan berteriak seraya bilang ” wahai habib toko antum terbakar “. Dengan tersenyum beliau menjawab “iya saya liat ”

Tidak lama kemudian ada salah seorang penjual lontong dan sate ayam yang baru keluar dari rumahnya hendak berjualan, namun Habib Anis langsung memanggilnya dan berkata ” lontong dan sate ayam dagangan kamu saya borong semuanya, untuk disantap masyarakat sekitar yang sudah membantu memadamkan api “.

Masyarakat (saat itu banyak yang belum tahu tentang Habib) menjadi bingung, karena dilihat orang ini kok terkena musibah hanya tersenyum bahkan mentraktir segitu banyaknya orang yang membantu memadamkan api supaya tidak merembet kerumah-rumah disekitar pabrik.

Dua hal yang menunjukkan keteguhan hati beliau ; bisa bersabar di awal musibah, dan berderma ketika dalam keadaan susah. Hal seperti ini sangat berat dilakukan kecuali oleh orang yang sudah tertancap dalam hatinya kecintaan kepada Allah dan meletakkan dunia ditangannya bukan di hatinya.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: