Penyesalah Seorang Sahabat Yang Luar Biasa Hanya Karena Maksiat Yang Dilakakn Tanpa Sengaja

Penyesalah Seorang Sahabat Yang Luar Biasa Hanya Karena Maksiat Yang Dilakakn Tanpa Sengaja. Orang yang hatinya dihidupkan oleh Allah SWT pasti akan menyukai ketaatan dan membenci kemaksiatan. Ia akan terus berusaha menjaga setiap detik umurnya dari perbuatan maksiat. Dan ketika taksir memang berkehendak, maka terkadang ia tergelincir ke dalammaksiat-maksiat kecil yang terjadi dengan tanpa sengaja. Ia amat menyesal dengan maksiat itu hingga ia tidak bisa tidur di dalam siang dan malamnya. Air matanya terus mengalir karena takutnya adzab Allah jika ditimpaka kepadanya karena sebab maksiat tersebut.

Adalah Tsa’labah yang merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW ang sangat setia dan beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Suatu ketika karena ketidaksengajaanya melakukan dosa, ia sangat menyesal begitu dalam hingga ketakukannya kepada Allah SWT kan azab yan akan ia terima nantinya.

Karena ketakutannya tersebut, Tsa’labah sakit hingga meninggal dunia.Pada pemakaman sahabat Nabi yang setia ini banyak malaikat yang iut menziarahi Tsa’labah.

Diriwayatkan, bahwa setelah sekian lama berjuang bersama nabi, terdengar kabar bahwa Tsa’labah sedang sakit keras. Mendengar hal itu sahabat Nabi yang lain bernama Salman menghadap Rasulullah SAW dan berkata,”Wahai Rasulullah, msihkah engkau ingat dengan Tsa’labah? Dia sedang sakit keras.”

Rasulullah SAW pun segera datang menemui Tsa’labah. Rasulullah SAW meletakkan tangan kanannya di kepala Tsa’labah, kemudian meletakkan kepala Tsa’labah dipangkuannya.
Akan tetapi apa yang terjadi, Tsa’labah segera saja menyingkirkan kepalanya dari pangkuan beliau. “Mengapa engkau singkirkan kepalamu dari pengkuanku?” tanya Baginda Rasul.
“Karena aku penuh dengan dosa, tgak layak dipangkau oleh UtusanNya yang mulia ini,” jawab Tsa’labah.

“Apa yang engkau rasakan?” tanya Nabi lagi. “Aku seperti dikerubuti semut pada tulang, daging dan kulitku,” jawab Tsa’labah. “Lalu apa yang engkau inginkan?” tanya Rasul SAW. “Ampunan Tuhanku,” jawab Tsa’labah. Maka turunlah Malaikat Jibril as dan berkata,
“Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanmu mengucapkan salam untukmu dan berfirman kepadamu, “Kalau saja hamba-Ku ini menemui Aku dengan membawa sepenuh bumi kesalahan, niscaya Aku akan temui dia dengan ampunan sepenuh itu pula.”

Maka segera saja Rasulullah SAW memberitahukan hal tu kepada Tsa’labah. Begitu mendengar berita itu, terpekiklah Tsa’labah dan langsung meninggal dunia. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan agar Tsa’labah segera dimandikan dan dikafani dan dishalati. Ketika selesai dishalati, Rasulullah SAW berjalan sambil berjingkat-jingkat seakan menghindari sesuatu agar tidak tertabrak.

Setelah selesai pemakaman, para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, kami lihat engkau berjalan sambil berjingkat-jingkat, ada apa gerangan?” Rasulullah SAW bersabda,
“Demi Zat yang mengutus aku sebagai seorang nabi yang sebenarnya, karena aku lihat begitu banyaknya malaikat yang turut menziarahi Tsa’labah.”

Apakah Dosa yang Dilakukan Tsa’labah. Astaghfirullah, Sebenarnya dan ternyata kesalahan yang dilakukannya hanya karena beliau melihat seorang wanita Anshar sedang mandi dalam perjalannya menuju rumahnya. Tsa’labah ini takutnya bukan main, kepada Allah SW dan kepada Rasulullah SAW yang jadi panutannya. Karena kejadian itu, Tsa’labah sangat takut sekali hingga lari,menyepi di bukit. Subhanallah, begitu takutnya para sahabat yang mulia akan sebuah maksiat, padahala ia tidak melakukannya degan sengaja. Semoga Allah juga berkenan mengampuni dosa-dosa kita yang setiap hari semakin menumpuk ini. Amiin

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: