Menjaga Kehinaan Diri

Menjaga Kehinaan Diri. Sifat seorang hamba adalah hina, dan Allah senang kepada orang yang menghinakan dirinya dihadapan Allah yang maha mulia. Orang-orang soleh sangat menjaga hatinya, kapanpun dan dimana pun ia harus tetap dalam keadaan hina, karena jika ia tidak merasa hina maka otomatis ia akan merasa mulia, sehingga ia akan sombong. Padahal sifat ini sangat dibenci Allah SWT.

Diceritakan bahwa seorang petugas kebersihan yang bekerja di Thaba Foundation terheran-heran. Sebab setiap pagi ia melihat toilet-toilet yang ada di kantor Thaba selalu bersih tanpa diketahui siapa yang membersihkannya, ia berfikir: “Siapa sih yang membersihkan toilet sebanyak ini, perasaan saya belum membersihkannya?!”

Hingga akhirnya di suatu malam, ia pulang lebih lambat dari biasanya. Ia berkeliling di kantor Thaba, sudah tidak ada orang lagi di kantor. Tiba-tiba ia mendengar suara dari arah toliet, ia mendekat dan melihat ada seseorang yang sedang membersihkan lantai tolilet. Dan betapa kagetnya ia setelah mengetahui bahwa ‘pembersih toilet’ itu adalah Bos Thaba Foundation; Habib Ali Al Jufri!

Timbul satu pertanyaan: “Apa yang membuat Habib Ali capek-capek bersihin toilet kantornya sendiri? Bukankah masih ada hal lain yang lebih bermanfaat?” Mungkin salah satu jawabannya adalah hal yang pernah dilakukan oleh salah satu gurunya, Syaikh Mutawalli asy-Sya’rawi (ulama besar Mesir di zamannya). Saat itu supir pribadinya tak sengaja melihat Syaikh asy-Sya’rawi membersihkan toilet-toilet masjid.

Lalu si supir bertanya: “Wahai Syaikh, mengapa Anda berlelah-lelahan membersihkan toilet masjid?”, “Tadi, ketika aku melihat orang-orang menangis karena mendengar ceramahku, aku merasa ada sifat sombong dan ujub di hatiku. Sekarang, aku ingin menghinakan diriku (agar aku tak lupa siapa diriku yang hina ini).” Jawab beliau.

*Thaba Foundation adalah sebuah lembaga dakwah milik al-Habib Ali al-Jufri di Dubai, UEA.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: