Kewalian Mbah Moh Hasan Genggong, Probolinggo Jawa Timur

Kewalian Mbah Moh Hasan Genggong, Probolinggo Jawa Timur. Salah satu sisi ulama dan orang sholeh yang menarik untuk diceritakan adalah berkenaan dengan karomah (hal-hal ajaib) yang terjadi pada diri mereka semasa hidup mereka. Hal ini menunjukkan kedudukan mereka yang tinggi di sisi Allah, sehingga tidak heran jika banyak orang mneyebut mereka sebagai wali-wali Allah SWT.

Cerita berikut ini bersumber dari Al marhum Habib Mukhsin Bin Ali As-Segaf Pasuruan.
Diceritakan kembali oleh cucu beliau Sayyid Muhammad Pasuruan:

Pada suatu hari Almarhum Habib Mukhsin datang sowan kepada Almarhum Kiai. Muhammad Hasan sepuh, saat itu keduanya sedang asyik berada di ruang tamu. Tiba-tiba datanglah seorang laki-laki berpakaian hitam-hitam. Begitu datang, orang itu memberi uang kepada Habib Mukhsin sebanyak tujuh ringgit uang Belanda. Setelah uang itu diterima oleh habib Mukhsin, lantas disodaqahkan kembali kepada pemberi tadi. Dan oleh orang itu diterima seraya mengucapkan terima kasih lalu pergi.

Setelah orang itu pergi Habib Mukhsin bertanya kepada kiai Hasan: “Siapakah tamu itu kiai?” Kiai Hasan tidak menjawab. ”Kiai, tamu itu siapa?” tanya Habib Mukhsin lagi. Dan Kiai Hasan masih membungkam tidak menjawab. ”Kiai siapa gerangan tamu tadi itu?” Habib Mukhsin mendesak lagi.

Setelah pertanyaan ketiga kali, barulah kiai Hasan menjawab, ”Itulah Nabiyullah Hidir”, mendapat jawaban begitu, Habib Mukhsin lalu mengakui kewalian kiai Hasan.

Cerita diatas semasa Habib Mukhsin masih hidup, sering diceritakan kepada masyarakat ramai. Baik keluarga Habib sendiri maupun kepada tamu-tamu yang sowan kepada Habib Mukhsin, dan jadilah cerita termasyhur dan terkenal.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: