Kecerdikan Musang Yaman, Mengelabuhi Imam Syafi’i Dan Sahabat-Sahabatnya

Kecerdikan Musang Yaman, Mengelabuhi Imam Syafi’i Dan Sahabat-Sahabatnya. Yaman adalah negri kaum sholihin, bahkan dikatakan bahwa Yaman adalah negeri seribu wali. Di negeri Yaman ada makam yang luas yang berisi ribuan bahkan puluhan ribu kaum muslim yang hampir semuanya adalah wali-wali Allah yang mencapai kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT.

Imam Syafi’i r.a memiliki kisah unik tersendiri tentang negri Yaman, berikut kisahnya:

Imam Syafi‘i pernah berkisah, “Kami pernah berjalan jauh sampai ke negeri Yaman. Suatu ketika, kami menghidangkan makanan untuk santap malam. Lalu waktu shalat Maghrib pun datang sementara makanan telah siap. Maka kami tinggalkan makanan itu dan segera melaksanakan shalat maghrib. Makanan yang sudah kami hidangkan itu berupa dua ekor ayam.

Sejurus kemudian datanglah seekor musang sedang kami masih dalam keadaan shalat. Lalu musang itu mengambil seekor ayam dan menghilang. Ketika selesai shalat, kami menyesalkan ayam yang berhasil dicuri si musang. Kami merasa telah kehilangan (sebagian) makanan kami. Saat masih dalam kondisi seperti itu, tiba-tiba kami lihat si musang di kejauhan sedang menggigit ayam di mulutnya. Lalu si musang meletakkan ayam itu di tempat yang jauh dari kami dan ia pun ikut menjauh darinya.

Tanpa membuang-buang waktu, kami pun bergegas ingin mengambil ayam yang ditinggalkan si musang. Sedangkan si musang berusaha lari. Tatkala kami sampai di tempat itu ternyata yang kami dapati adalah kulit pelepah kurma yang bentuknya seperti ayam dan bukan ayam. Kemudian ketika kami tertawa karena hal itu, ternyata si musang sudah pergi untuk mencuri ayam yang kedua dan membawanya lari. Pada akhirnya, si musanglah yang mentertawakan kami, padahal kami (saat itu) adalah ulama-ulama besar.

Inilah kecerdikan musang negeri Yaman, lantas bagaimana dengan penduduk Yaman?

Sumber: Kitab Irsyaadul Ariib Ilaa Ma‘rifatil Adiib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: