Islam Jawa Begitu Mengagumkan Bangsa-Bangsa Di Dunia

Islam Jawa Begitu Mengagumkan Bangsa-Bangsa Di Dunia. Pada saat ini bangsa timur tengah yang banyak dilanda konflik dan ancaman keamanan merasa takjub dengan Islam yang berkembang di Indonesia. Bangsa Indonesia yang berjumlah ratusan juta jiwa dengan berbagai macam adat, suku, agama, budaya, agama beserta oramas-ormasnya dapat hidup dengan rukun dan berdampingan. Suasana keakraban dan pancaran kedamaian tampak dalam wajah-wajah mereka. Inilah berkah dari Islam Indonesia yang dikembangkan oleh para pendahulunya.

Dalam sebuah kesempatan KH Maemun Zubair menyampaikan: Ketika Islam masuk ke Jawa, jagad Islam di Timur Tengah sudah mulai layu, jauh dari masa sahabat Nabi, sudah bukan lagi zaman ijtihad, tidak zamannya Imam an-Naqsyabandi maupun Imam Abil Hasan asy-Syadzili. Pada waktu itu pula Baghdad sudah runtuh dan takluk di bawah kaki Hulaghu Khan dan keluarga Jenghis Khan, dan masa keemasan Islam pun mulai pudar.

Akan tetapi, datangnya Islam di tanah Jawa tumbuh subur karena para wali berdakwah menggunakan metode yang khas sehingga mereka tidak bergesekan dengan penduduk Jawa yang masih kental dengan budaya keagamaan Hindu-Budhanya. Padahal, sebelum ke Jawa Islam sebenarnya sudah menaungi Samudra Pasai dan Nangroe Aceh, tetapi untuk melebarkan ajaran Islam ke tanah Jawa ditemukan banyak kendala dan kesulitan karena adanya ilmu hitam dan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang menghalangi.

Tanah Jawa, yang ketika itu perkembangan Islam sudah mulai runtuh justru ia menjadi pusar dari Bangsa Indonesia, menjadi pokok pangkal dari Bangsa Indonesia. Ibarat kata, jika Jawa itu baik maka seluruh Bangsa Indonesia juga akan menjadi baik, jika Jawa itu Muslim maka Indonesia juga akan menjadi Muslim.

Mahaguru Syaikh Abdullah bin Nuh pernah menerangkan bahwa agama Islam yang paling dikagumi itu adalah Islamnya Bangsa Indonesia, lebih-lebih yang berada di tanah Jawa. Beliau menafsirkan sebuah hadits yang ada di dalam kitabnya Ibnu Katsir, Nabi Muhammad bersabda:

أعجب إيمان أمّتي أواخر أمّتي لا يدركون بي ولا يدركون أصحابي

“Keimanan umatku yang paling menakjubkan adalah keimanan umatku yang akhir-akhir, mereka tidak pernah bertemu denganku dan para sahabatku.”

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: