Ceramah Syekh Abdul Qadir Al-jaelani

Ceramah Syekh Abdul Qadir Al-jaelani. Syekh Abdul Qdir adalah seorang kekasih Allah, bahkan ia adalah ratunya para kekasih. Semua wali-wali Allah pasti mengenal nama Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Murid beliau sangat banyak hingga tersebar ke seluruh belahan dunia, sehingga ajaran-ajaran, nasehat-nasehat, dan kitab-kitab beliau bisa di dapatkan dengan mudah. Sungguh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani adalah keberkahan bagi umat Muhammad SAW. Semoga kita semua mendapatka syafa’atnya di hari kiamat kelak, Amiin.

Dalam sebuah kesempatan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan: “Wahai anakku, engkau berharap kepada Allah SWT dengan ibadahmu, tetapi disertai dengan kelalaian, riya dan kemunafikan. Engkau mencari berkah-Nya dan bergaul dengan orang-orang yang shaleh, tetapi disertai dengan kerusakan diri dan kerusakan hartamu, bagaimana engkau berharap sedangkan mereka selalu berdzikir dan engkau mengaku mengenal mereka. Wahai orang yang melarikan diri! Wahai orang yang tersesat, wahai orang yang keluar dari golongan orang yang ikhlas dan bertauhid, ingat-ingatlah nasihatku ini!

Menangislah hingga Dia juga ikut menangis bersamamu, Duduklah dalam musibah yang menimpamu dan pakailah pakaian bencana agar Dia juga ikut duduk bersamamu. Sebab, engkau adalah orang yang terhijab namun kau tak menyadarinya.

Pikir-pikirkanlah apa yang ada dalam kalbumu! Apa yang sedang kau pikirkan? Kepada siapa engkau mengadu? Kepada siapa engkau meminta bantuan? Jika engkau terjerumus dalam kesulitan, siapa yang akan percaya? Maka, ceritakanlah kepada-Nya, sebab Dialah yang paling tahu kebohongan dan kemunafikanmu.

Ingatlah bahwa dunia itu akan hilang, kehidupan ini akan rusak dan akhirat itu begitu dekat dari diri kita! Seringkali kita tidak memiliki tujuan untuk akhirat dan tujuan kita hanya untuk dunia semata. Kita sering kali mengingkari nikmat Allah SWT. Apabila kita mendapat keburukan sering kali kita menampakkannya di depan orang-orang, sementara ketika mendapat kenikmatan kita menyembunyikannya dan tak mensyukurinya.
Wahai anakku, ingatlah tentang hal ini. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Apabila Allah SWT memberi kenikmatan kepada hamba-Nya, Dia lebih suka jika nikmat itu diperlihatkan kepada-Nya.

Mahasuci Dzat Yang Mahamulia, Yang Mahasabar dan Maha Pemberi anugerah. Semuanya berada di bawah kelembutan dan karunia-Nya. Seandainya Dia tidak bersifat lembut atau ramah, pasti kita akan binasa, Seandainya kita semua melawan perbuatan-Nya, pasti kita semua telah musnah karena-Nya.”

*diambil dari kitab Fath Ar-Rabbani

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: