Meski Sekarang Kondisinya Seperti Itu, Yaman Dan Suriah Akan Kembali Aman Dan Tentram

Meski Sekarang Kondisinya Seperti Itu, Yaman Dan Suriah Akan Kembali Aman Dan Tentram. Meski Sekarang Kondisinya Seperti Itu, Yaman Dan Suriah Akan Kembali Aman Dan Tentram. Dunia telah menjadi saksi atas hancurnya negara Suria dan Yaman karena ulah sebagian orang yang tidak menginginkan perdamaian. Mereka seperti syetan yang berwujud manusia yang senang ketika banyak manusia yang menderita dan tertimpa bencana. Mereka telah dikuasi oleh hawa nafsu yang bercokol di dalam hatinya, sehingga mereka tidak lagi bisa membedakan mana hitam dan mana putih, mana baik dan mana buruk..

Banyak orang yang meragukan akan kembalinya ketentraman dan kedamaian di negara tersebut, karena kondisinya telah sedemikian parahnya . Namun begitu para ulama berfikir lain, bahwa ini hanya ujian kesabaran untuk penduduk syam dan Yaman, dan setelah peristiwa yang menyusahkan dan menghinakan ini, mereka akan mendapatkan gantinya yaitu berupa kemudahan dan kemuliaan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Dalam sebuah kesempatan Al habib Umar bin hafidz mengatakan: krisis di Yaman dan Syam adalah tazkiah untuk kedua negara sebelum nanti akan kembali makmur. Nanti kedua negara ini akan kembali sentosa karena Rasulullah SAW sendiri telah mendoakannya.

berikut Doa Rosulullah saw untuk keberkahan negeri2 di kawasan Syam dan Yaman dalam doanya,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ شَامِنَا اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ يَمَنِنَا

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami di negeri Syam kami, Ya Allah, berkahilah kami di negeri Yaman kami.” (H.R. At-Tirmidzi).

Sahabat Zaid bin Tsabit juga pernah menyampaikan, bahwasanya Nabi SAW suatu ketika mengarahkan pandangannya ke arah negeri Yaman. Kemudian beliau berdoa, “Ya Allah, jadikanlah di hati mereka kelapangan dalam menerima Islam”. (H.R. At-Tirmidzi).

Doa Nabi ini menyebabkan banyaknya penduduk Yaman yang saat itu berbondong2 memasuki agama Allah, Islam.

Ini seperti dikemukakan sahabat Abi Hurairah, bahwa tatkala diturunkan ayat :

إِذَا جَآءَ نَصۡرُ ٱللَّهِ وَٱلۡفَتۡحُ * وَرَأَيۡتَ ٱلنَّاسَ يَدۡخُلُونَ فِى دِينِ ٱللَّهِ أَفۡوَاجً۬ا * فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَٱسۡتَغۡفِرۡهُ‌ۚ إِنَّهُ ۥ ڪَانَ تَوَّابَۢا

Artinya : ”Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong”. (Q.S. An-Nashr [110] : 1-2).

Menjelaskan ayat tersebut, Rasulullah Saw mengemukakan, bahwa penduduk negeri Yaman telah datang, mereka adalah orang2 yang paling lembut hatinya (H.R. Ahmad).

Berkata Imam Al-Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah ketika menerangkan hadits di atas, bahwa yang demikian itu merupakan pujian Nabi Saw kepada penduduk Yaman, dikarenakan mereka adalah kaum yang bersegera dalam beriman kepada Rasulullah Saw, dan baiknya keimanan mereka kepada Allah SWt.

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: