Hari Kiamat Akan Ditandai Dengan Turunnya Nabi Isa Kembali Ke Bumi

Hari Kiamat Akan Ditandai Dengan Turunnya Nabi Isa Kembali Ke Bumi. Kehidupan di dunia ini tidak akan selamanya ada. Ia akan berakhir dengan kehancuran. Alam semesta, dunia dan segala apa yang ada di dalamnya akan hancur dan musnah. Segala harapan dan cita-cita keduniawian akan terputus. Semuanya akan sia-sia kecuali niat-niat yang tulus untuk mendapatkan rahmat dan ridlo Allah SWT. Tidak ada yang bisa mengelak dari segala perbuatan yang dilakukannya di dalam setiap detik umurnya. Akan ada saksi yang bersaksi dengan sejujur-jujurnya dan mereka akan mengakuinya.

Semuanya telah hancur dan tidak akan ada lagi yang dikembalikan di dunia. Tidak ada lagi shalat, tidak ada puasa, tidak ada zakat, tidak ada lagi sedekah, tidak ada dzikir, tidak ada lagi haji dan umrah. Tidak ada lagi bagi siapa pun untuk mendapatkan kesempatan beribadah. Ketika manusia dibangkitkan dari kuburnya maka ia harus siap ketika dihadapkan pada pengadilan Allah SWT. Jika ia membawa amal kebaikan maka ia pasti akan melihat pahala dan kenikmatannya, dan jika ia membawa keburukan maka ia juga akan melihat balasan dan siksanya. Semoga kita semua termasuk hamba-hamba yang diselamatkan dari siksa neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Amiin.

Allah adalah Tuhan yang maha baik. Sebagaimana Allah memberikan tanda-tanda kematian sebelum seseorang mati, Allah juga memberikan tanda-tanda ketika hari kiamat akan datang. Ketika Allah memutihkan rambut, mencabut daya penglihatan dan pendengaran, mengambil kesehatan badannya dan mengganti dengan kesakitan, menghilangkan kekuatan dan mengganti dengan kelemahan badan maka ketahuilah bahwa ia akan segera mati, sehingga diharapkan agar ia segera bersiap-siap menghadapi kematiannya dengan berbagai ibadah yang akan mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. Begitu pula ketika kemaksiatan telah meraja lela, fitnah telah menyebar dimana-mana, ilmu agama telah banyak ditinggalkan, bencana telah memporak-porandakan suatu negeri, lalu nabi Isa turun membawa ajaran kemuliaan, maka itu adalah tanda kiamat akan segera datang. Dan diharapkan agar setiap hamba mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat yang maha dahsyat.

عن أَبَي هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا، فَيَكْسِرَ الصَّلِيب،َ وَيَقْتُلَ الْخِنْزِير،َ وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لَا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ  (رواه مسلم)


Dari Abu Hurairah ra, Bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh, kedatangan Isa bin Maryam kepada kalian untuk menjadi hakim secara adil akan segera tiba. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi serta menghapuskan jizyah (dari orang kafir). Harta akan melimpah ruah, sehingga tidak ada seorang pun yang ingin menerimanya.” (HR. Muslim, hadits no. 220)

Hikmah Hadits ;
1. Diantara yang harus kita yakini sebagai seorang muslim adalah bahwa kelak Nabi Isa as akan kembali diturunkan Allah Swt ke muka bumi, setelah dahulu beliau diangkat oleh Allah Swt ke langit saat dikejar2 oleh kaumnya untuk dibunuh dan disalib, sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Qur’an ; “Dan karena ucapan mereka, ‘Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(QS. Al-Baqarah ; 157 – 158)
2. Pada saat Nabi Isa as diturunkan Allah ke muka bumi kelak, beliau akan menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghapuskan jizyah, tentu disamping juga bahwa kelak Nabi Isa as pulalah yang akan menyelamatkan umat dari fitnah Dajjal dengan membunuh Dajjal. Pada zaman Nabi Isa as kelak pulalah harta kekayaan akan melimpah ruah, kekayaan ada dimana-mana, sehingga betapa banyak orang yang mau bersedekah namun hampir2 tak seorang pun yang mau menerimanya lantaran semua sudah tercukupi kebutuhannya.
3. Maka sebagai seorang muslim, kita wajib meyakini dengan seyakin-yakinnya akan kebenaran ajaran Dinul Islam, sekaligus berpegang teguh terhadap ajaran Islam, karena agama yang benar di sisi Allah Swt hanyalah agama Islam saja. Dan hendaknya kita juga memanfaatkan waktu kehidupan yang Allah berikan ini, untuk memperbanyak ibadah dan melakukan amal shaleh. Karena kelak, segala kebenaran akan menjadi terbuka dan menjadi nyata dan kebathilan akan menjadi hilang dan sirna. Semoga Allah Swt menguatkan Iman dan Islam kita serta semoga Allah Swt mengistiqamahkan kita dalam Dinul Islam… Amiiin Ya Rabbal Alamiin.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: