Anda Akan Masuk Surga Lewat Pintu Apa?

Anda Akan Masuk Surga Lewat Pintu Apa? Surga tidak didapat dengan mudah dan gratis. Orang yang benar-benar ingin menjadi penghuninya harus melakukan sebab-sebab yang menjadikannya masuk surga. Dan sebab-sebab yang membuat seseorang masuk surga adalah dengan melaksanakan amal ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Di akherat nanti setiap hamba yang bertaqwa akan dimasukkan ke dalam surga sesuai dengan amal ibadahnya masing-masing. Surga memiliki beberapa pintu yang terbuka bagi pelaku amal ibadah.

Orang yang bersungguh-sungguh mengerjakan shalat dengan sempurna,yaitu dengan memperhatikan syarat, rukun, kesunahan, dan menghayati bacaan shalat akan masuk surga melalui pintu shalat. Orang yang bersungguh-sungguh mengerjakan ibadah puasa dengan sempurna, dimana ia tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja, tetapi juga mencegah anggota badan lainnya untuk tidak berbuat maksiat akan masuk surga melalui pintu puasa. Sedangkan orang yang gemar melakukan sedekah dengan baik, yaitu dengan melakukannya karena Allah, tidak mencaci orang yang diberi, dan tidak membanggakan amalannya kepada orang lain dengan tujuan riya’ maka ia akan masuk melalui pintu sedekah.

Adapun orang yang berperang melawan musuh-musuh Islam dengan maksud menegakkan agama Islam, dan tidak ada maksud lain selain Allah (seperti: mencari harta rampasan, tawanan wanita yang akan dijadikan sebagai istri, agar dianggap sebagai pahlawan dan pemberani), maka nanti ia akan masuk surga melalui pintu jihad. Dan orang yang melakukan bemacam-macam amal ibadah bisa masuk surga dari semua pintunya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَنْفَقَ زَوْجَيْنِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ نُودِيَ فِي الْجَنَّةِ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا خَيْر،ٌ فَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّلَاةِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الصَّلَاةِ ،وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الْجِهَادِ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الصَّدَقَة،ِ وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ، قَالَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا عَلَى أَحَدٍ يُدْعَى مِنْ تِلْكَ الْأَبْوَابِ مِنْ ضَرُورَةٍ فَهَلْ يُدْعَى أَحَدٌ مِنْ تِلْكَ الْأَبْوَابِ كُلِّهَا؟ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَمْ وَأَرْجُو أَنْ تَكُونَ مِنْهُم (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang bersedekah sepasang kuda perang untuk membela agama Allah (fi sabilillah), maka ia akan dipanggil kelak di dalam surga, ‘Wahai hamba Allah! Inilah pahala kebaikanmu.’ Dan barang siapa yang rajin mengerjakan shalat, maka dia akan dipanggil dari pintu shalat; dan barang siapa yang ikut berjihad untuk menegakkan agama Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu jihad; dan barang siapa yang rajin bersedekah, maka dia akan dipanggil dari pintu sedekah; dan barang siapa yang rajin berpuasa, maka dia akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan.” Kemudian Abu Bakar bertanya, “Wahai Rasulullah, adakah nanti orang yang dipanggil-panggil dari semua pintu-pintu tersebut?” Rasulullah Saw bersabda, “Ya, ada, dan aku berharap kamu adalah salah seorang diantara mereka.” (HR. Muslim, hadits no. 1705)

Hikmah Hadits :
1. Bahwa surga memiliki pintu-pintu, yang akan menjadi jalan masuk bagi calon penghuninya, sesuai dengan amalan yang dilakukannya. Orang yang ahli sedekah, maka akan dipanggil masuk surga melalui pintu sedekah, orang yang ahli shalat ia alan dipanggil masuk surga melalui pintu shalat, demikian juga orang yang ahli jihad dan ahli puasa, maka ia akan dipanggil untuk masuk surga melalui pintunya masing-masing. Subhanallah, mudah2an kita termasuk ke dalam golongan orang2 yang kelak dipanggil dari salah satu pintu surga tersebut.

  1. Pentingnya membaguskan dan memaksimalkan salah satu amal shaleh, yang dikerjakan secara ikhlas dan sempurna, yang mudah2an kelak dapat kita bangga2kan di hadapan Allah Swt. Apabila kita dikaruniai rizki yang cukup, maka jadilah ahli sedekah dari harta yang terbaik dan rutinitas yang juga baik. Apabila kita mudah berpuasa sunnah, maka lakukanlah puasa sunnah secara rutin, baik dan ikhlas karena Allah Swt, mudah2an kita bisa dipanggil masuk surga melalui pintu Ar-Rayan. Demikian seterusnya, yang terpenting kita memiliki satu amalan yang kelak dapat kita baggakan di hadapan Allah Swt, yang mudah2an bisa menjadi sarana untuk mendapatkan keridhaan Allah Swt dan masuk ke dalam surga-Nya.
  2. Keutamaan Abu Bakar As-Shiddiq ra, karena beliau merupakan seorang sahabat yang di semua sisi amal shaleh, selalu beliau kerjakan secara ikhlas, baik, benar dan maksimal. Banyak sekali riwayat yang menggambarkan hal tersebut. Beliau sangat antusias dalam sedekah, itqan dalam ibadah, teguh dalam keimanan, ringan tangan dalam amal sosial, dsb. Cukuplah menjadi saksi hal tersebut, ungkapan Umar bin Khattab ttg beliau;

 

قَالَ عُمَرَ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، لَوْ وُزِنَ إِيْمَانُ أَبِيْ بَكْرٍ بِإِيْمَانِ أَهْلِ اْلأَرْضِ لَرَجَّحَ بِهِمْ “

Jika ditimbang keimanan Abu Bakar dengan keimanan seluruh umat maka akan lebih berat keimanan Abu Bakar.” (Syu’abul Iman, bab al-Qaul fi ziyadatil Iman wa Naqshanih; I/69)

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: