Merayakan Haul As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Di Bulan Yang Penuh Berkah

Merayakan Haul As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Di Bulan Yang Penuh Berkah. Alhamdulillahirabbil Alamiin, segala puji hanya bagi Allah tuhan semesta alam yang telah menghiasi makhuluk-makhluk-Nya dengan orang-orang sholeh, para kekasih-Nya, Wali-wali Allah yang dengan mereka semua kita dapat mengenal Allah dan Rasulullah, dengan wasilah mereka kita bisa beribadah dengan sempurna dan terus bersemangat untuk mnedekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Pada pertengahan bulan Ramadhan beberapa hari yang lalu segenap kaum muslimin di penjuru dunia merayakan haul salah sorang ulama Ahlus Sunnah yang dikagumi di seluruh penjuru negri, seorang wali Qutub As-Sayyid Muhamamd bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani. Sebagai cinta dan terimakasih kepada jasa-jasanya pada dunia Islam para pencintanya merayakan haul dengan berbagai macam ibadah, mulai dari membaca Al-Qur’an, wirid,shalawat, mendengarjb mau’idhah, bersedekah, membaca biografi dan sejarah hisupnya, dll. Itu semua adalah ibadah-ibadah yang sangat mulia apalagi dilakukan di bilan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan ini.

Di dunia maya, kita juga ingin merayakan haul beliau dengan membacakan manaqib beliau, sehingga diharapkan kita akan menjadikannya sebagai panutan dan idola untuk meraih ridha Allah SWT.

Biografi singkat Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani.

Abuya As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid Alwi Al-maliki Al-Hasani lahir di kota Makkah tahun 1365 H / 1945 M. Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah Makkah, dimana ayah beliau As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani sebagai guru agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki yang tempatnya sangat masyhur dekat Babussalam
Kecerdasan beliau tampak mulai dari kecil, Beliau hafal al-Quran pada usia 7 tahun, kemudian hafal kitab “Al-Muwatto’ ” pada usia 15 tahun,pada usia 25 tahun menyandang Gelar Doctor, dan dijadikan Guru Besar Universitas Ummul Quro Makkah pada umur 26 tahun.

Setelah As-Sayyid Alwi Al-Maliki wafat, putra beliau As-Sayyid Muhammad tampil sebagai penerus. Disamping mengajar di Masjidi Haram, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil membuka majlis ta’lim rumah beliau di Utaibiyyah kemudian pindah ke Rushoifah

Abuya As-Sayyid Muhammad Al-maliki dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar dengan hikmah dan mauidhah hasanah. Beliau ingin mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang berperilaku baik dalam muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan perasaannya.
Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran utama Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau tidak searah dengan thariqahnya. Dalam kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirannya, semua yang berlawanan diterima dengan sabar dan dijawab dengan hikmah.
Beliau tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para ulamanya dan ini memang yang di inginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela digeser dari kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim beliau di masjidil Haram. Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau selalu menghormati orang orang yang tidak bersependapat dan sealiran dengannya, semasih mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan Sunah.
Pada akhir hayat beliau yang berkenaan dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil HaramSyeikh sholeh bin Abdurahman Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Makkah yang diadakan pada tgl 5 sd 9 Dzul Qo’dah 1424 H / Desember 2003 M dengan judul “Al-qhuluw wal I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”, di sana beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf atau yang lebih poluler disebut ajaran yang beraliran fundamentalists atau extremist. Dan dari sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang sangat popular dikalangan masyarakat Saudi yang berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang da’wah selalu
Ketika kunjungan beliau ke Malaysia pada bulan Syawwal 1423 / Desember 2002 Abuya Memberi amanah kepada murid beliau tertua KH. Ihya’ Ulumuddin untuk membuat wadah bagi para alumni atas pendapat dari Abuya As-Sayyid Ahmad putra beliau, alhamdulillah pada Tgl 2 Muharrom 1424 H / 5 Maret 2003 sebanyak 25 murid beliau berkumpul di kediaman KH. Muhyiddin Nor Pondok Pesantren Darussalam Tambak Madu Surabaya semua sepakat mewujudkan amanah beliau berda’wah secara berjama’ah dengan di beri nama Hai’ah ASH-SHOFWAH yang sekarang kantor pusatnya berda di Jl. Gayungsari Surabaya sebelah timur Masjid Al-Akbar Surabaya dimana sudah mempunyai 15 kantor cabang diseluruh Indonesia
Beliau wafat hari jumat tgl 15 romadhan 1425H / 30 Oktober 2004 M dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la disamping makam istri Rasulullah Khadijah binti Khuwailid. Dan yang menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada di Makkah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar negri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan janazah beliau setelah disolati di Masjidil Haram setelah sholat isya’ yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’.
Beliau wafat meninggalkan 6 putra, As-Sayyid Ahmad, As-Sayyid Abdullah, As-Sayyid Alwi, As-Sayyid Ali, As-Sayyid Al- Hasan dan As-Sayyid Al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu disini .

SEMANGAT BELIAU DALAM MENGAJAR

Beliau ABUYA SAYYID MUHAMMAD ALAWI AL-MALLKI adalah salah satu dari hamba Allah yang sangat cinta ilmu.beliau mencurahkan segenap kemampuannya dalam rangka mewujudkan kecintaannya kepada ilmu tersebut.dan disanalah beliau mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati.

Waktu beliau makmur dengan pengajian ( mengajar ), tidak kurang dari 15 Halaqoh ilmu ( pelajaran ) yang beliau asuh dalam sehari semalam, sungguh kekuatan rohani yang luar biasa yang diberikan oleh Allah kepadanya.

Beliau tidak pernah putus dalam keistiqomahannya untuk mengajar kecuali jika terdapat sesuatu hal yang betul-betul darurat atau mendesak.sehingga murid-murid beliau berkata,sungguh guru kami ini lebih semanggat daripada muridnya.

Habib Sholeh bin Ahmad al-Aydrus berkata “ pukul setengah tiga malam beliau menhajar kami kitab Shohih al-Bukhori,kemudian diteruskan dengan kitab abu Suja’ (kitab fiqih syafi’i ) sampai menjelang fajar.

Setelah fajar kami sholat sunnah dua rokaat kemudian sholat shubuh berjama’ah,setelah itu kami membaca wirid al-Imam al-Haddad, setelah itu beliau kembali mengajar kami kitab Sunan an-Nasa’i sampai sekitar pukul setengah delapan pagi.kemudian baru setelah itu kami istirahat sejenak sekitar setengah jam.
Kemudian beliau mkembali kepada kami mengajar tidak kurang 10 mata pelajaran sampai tiba waktu dhuhur.setelah sholat dhuhur beliau duduk mengajar kami kitab Misykatul Mashobih,karya al-Khatib at-Tibrizi sekitar satu setengah jam.kemudian beliau istirahat kembali ke keluarganya.setelah tiba waktu sholat ashar beliau turun untuk sholat ashar bersama kami.kemudian kami membaca kitab Shohih al-bukhori.sungguh waktu yang sangat sarat keberkahan.

Kemudian sebelum maghrib beliau sudah bersiap-siap untuk berangkat ke Masjidil Haram.setelah Maghrib beliau memberikan pengajian ke Masjidil Haram dengan kitab tafsir dan dilanjutkan dengan membaca kitab Ibnatul Ahkam Syarah Bulughul Maram yang tak lain adalah karangan ayah andanya beliau sendiri sampai tiba waktu isya’.setelah sholat isya’ beliau kembali memberikan pengajian kitab Sunan Abu Dawud dan al-Jami’ as-Shoghir, karya Imam as-Suyuthi sekitar satu jam.

Setelah itu beliau kembali kerumah, kadang sebelum istirahat beliau sudah didatangi oleh beberapa orang yang menanyakan sesuatu atau memiliki hajat tertentu kepada beliau.beliaupun dengan sabar melayani mereka dengan semua hingga mereka merasa puas dan pulang dengan senang hati.

Sungguh waktu yang paling menyenangkan beliau adalah dikala menyampaikan pelajran atau pengajian.bahkan ketika kami menunaikan ibadah Haji,ketika berada di arofah dan Mina kami membaca dihadapan beliau ( didalam kemah ) kitab Idhoh ( tentang Manasik Haji ) karya Imam an-Nawawi,Shohih Bukhoi dan shohih Muslim”.

Abuya Sayyid Muhammad mendapat penghormatan dengan menjadi Syaikh dengan bilangan ijazah terbanyak dalam waktunya. Beliau juga memiliki rantaian sanad terdekat dengan datuknya, Nabi Muhammad Sallahu Alaihi wa aalihi Wasallam.

Di Tanah Arab, tanah kelahirannya, dan dalam pengengembaraan mencari ilmu , Abuya Sayyid Muhammad mendapat lebih dari 200 ijazah dari alim-ulamak teragung di zamannya, di setiap cabang ilmu Islam.
Ijazah beliau sendiri, yang beliau berikan kepada murid-muridnya adalah antara yang paling berharga dan jarang di dunia, menghubungkan anak-anak muridnya dengan sejumlah besar para ulamak agung.

Para Masyaikh yang memberikan ijazah kepada Abuya Sayyid Muhammad mereka merupakan ulamak besar dari seluruh dunia Islam.
Jadi tidak bisa dipungkiri lagi akan kedalaman samudra keilmuan beliau ini.

KEAKRABAN DAN KEDEKATAN ABUYA SAYYID MUHAMMAD ALAWI AL-MALIKI DENGAN PARA SANTRINYA.
Dibawah ini adalah sekelumit gambaran pintas keakraban Abuya dengan para Santrinya.

  1. Jika ada diantara santri beliau yang tidak hadir dalam majlis atau sholat berjama’ah beliau selalu menanyakannya.dan bila santri tersebut didapati sakit atau kurang sehat,beliau yang menawarkannya untuk berobat dan pergi kerumah sakit,sebelum santri itu dan temannya meminta izin kepada beliau untuk berobat.dan tidak jarang beliau sendiri mengirim buah-buahan/roti kepada santri yang sakit tersebut.
  2. Jika beliau mengetahui diantara seorang santri beliau mempunyai pekerjaan yang banyak dan memberatkannya,beliaumemerintahkan temannya yang lain untuk ikut membantu atau bahkan menggantikannya.
  3. Dalam masalah kebersihan tubuh atau pakaian yang dikenakan oleh sisantri,beliau selalu memperhatikannya dan menegurnya jika ada yang kurang layak untuk dipakai,misalnya “ Hai fulan,kenapa bajumu sobek? Kenapa bajumu kotor? Kenapa badanmu tidak segar? Dan berbagai pertanyaan lainnya.
  4. Masalah makanan santri,beliau juga senantiasa memperhatikannya dengan menanyakan masakan apa yang akan dibuat hari ini,jika makanan yang tersedia ternyata kurang memuaskan,maka beliau memerintahkannya untuk merubahnya yang lebih baik dan memuaskan.
  5. Jika ada santri yang susah/sedih,beliau menanyakannya dan memerintahkannya untuk mengadu kepada beliau.dan beliau memanggilnya dan memerintahkannya untuk berkidmah kepada beliau agar lebih dekat.
  6. Beliau juga senantiasa memberi hiburan kepada para santrinya dengan berbagai macam hiburan,baik yang bersifat jasmani maupun rohani,didalam pondok maupun diluar pondok, seperti berziaroh,umroh,bertamasya,menonton film-film religi maupun sejarah,dll.
  7. Beliau senantiasa menjadi pembela terdepan bagi para santrinya jika terjadi keslahfahaman diantara santri dan tetangganya/ahli balad.bahkan beliau sangat marah terhadap orang yang menghina/meremehkan santri-santri beliau,dan bahkan beliau pernah berkata “ Siapa yang senang kepadaku,dia juga harus senang kepada murid-muridku “
  8. Bila ada santri yang melakukan kesalahan,kemudian beliau memarahinya,akan tetapi setelah itu beliau langsung memanggilnya dan memberikannya hadiah/paling tidak mengajak sang santri tersebut bergurau.
  9. Beliau akan merasa sedih jika ingin berpisah dengan santri-santrinya yang hendak pulang ketanah air.beliau sebenarnya sangat ingin selalu bersama dengan santri-santrinya, akan tetapi beliau juga sadar, bahwa seperti itulah jalan kehidupan.
  10. Beliau tidak memperhatikan kepada para santrinya dalam hal pelajaran saja, akan tetapi dalam segala aspek kesehariannya.ketika beliau menjumpai para santrinya melakukan hal kebaikan,maka beliau menghadiahi dengan pujian,dan ketika melihat para santrinya dalam hal kesalahan, maka beliau memberi nasehat dan teguran, layaknya seorang ayah terhadap anaknya.oleh karena itu beliau memerintahkan kepada para santrinya untuk memanggil dengan sebutan ABUYA ( Ayahku ), dan tidak diperkenankan memanggil dengan panggilan Ustadz,Syech,Guru.

Diantara Kalam Hikmah Abuya Sayyid Muhammad :

  1. Seorang yang alim tidak cukup dengan ilmunya semata, selagi belum dibarengi akhlak yang mulia.

2 Sikap patuh dan rendah hati yang dibarengi dengan kurangnya ilmu, itu lebih baik daripada sifat licik dan sombong yang dibarengi dengan banyaknya ilmu.
3. Sampai kapanpun aku adalah seorang murid

  1. Dunia ini adalah penarik : penarik manusia untuk bekerja ( yang bisa melupakan untuk akhirat ) kecuali bagi mereka yang berhati-hati dan itupun sedikit dari mereka ”
    5. Saya tidak mempunyai banyak amal dan ibadah,aku berharap semoga Alloh menerimaku dengan berkat membantu orang lain.
    6. Ketika kita memuji atau menyebut keutamaan seseorang, bukan berarti itu merupakan cacian atau pelecehan bagi yang lain (yang tidak disebut).
  2. Jika kamu melihat seseorang melakukan sesuatu ketaatan diwaktu tertentu, padahal ia tidak biasa melakukan hal itu,maka janganlah kamu melarangnya melakukan kebaikan,tetapi justru dukunglah ia supaya terus melakukannya

KAROMAH

Berbicara tentang karomah beliau,maka banyak sekali yang akan kita jumpai, yang diantaranya adalah Jasad beliau sampai saat ini masih utuh,tidak hancur dimakan ulat atau dihimpit bumi.
Pada saat pemakaman beliau, Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam juga ikut hadir dan ikut menjemput jasadnya ketika diliang lahat.

KAROMAH IMAM BUKHORI DAN ABUYA SAYYID MUHAMMAD ALAWI AL-MALIKI

Pada suatu waktu Abuya melaksanakan rihlah ke Bukhoro ( kazakhistan ) .pada saat itu Abuya beliau bersama rombongan dengan tujuan berziaroh ke makam imam Bukhori ( pengarang kitab Shohih Bukhori ).
Bukhoro yang terletak dibenua Eropa,namun masih berada dibawah garis kemiskinan,hal itu dikarenakan baru saja merdeka dari kekuasaan uni Soviet.jadi fasilitas yang tersedia tidak seperti dinegara negara maju.bahkan bisa dibilang dibawah standart,begitu juga dihotel yang disinggahi Abuya,terlihat begitu sederhana.
Keesokan harinya beliau bersama rombongan berangkat menuju kota Bukhoro yang berjarak kurang lebih 5 KM,beliau mengendarai bus yang kursinya terbuat dari kayu,seperti bangku sekolah.
Ketika sesampainya dibukhoro beliau berziarah dan berdoa dipusara sang Imam,setelah itu dilanjutkan membaca beberapa hadits Rosululloh Shollalloohu alaihi waalihii wasallam,dari kitab Shohih Bukhori dihadapan pusara sang Imam.
Namun bebrapa saat kemudian beliau mengajak rombongan untuk kembali kehotel,dikarenakan ada permasalahan dengan perut beliau,dan berhajat ketoilet.
Disaat perjalanan pulang menuju hotel beliau tertidur,dan didalam tidurnya tersebut beliau bermimpi bertemu dengan Imam Bukhori,dan sang Imam menyuruhnya untuk kembali kepusaranya sambil berkata ” wahai Sayyid Muhammad,kembalilah kesini dan lanjutkanlah membaca hadits,saya sudah siapkan untukmu toilet duduk “.
Kebetulan saat itu abuya memerlukan toilet duduk,karena badan beliau sedang kurang enak badan,dan kondisi badan beliau yang tinggi besar.setelah beliau terbangun dari tidurnya lalu menyuruh sopir untuk segera berbalik kepusara sang imam.anehnya tanpa disadari oleh sopir,ternyata jalan yang dilalui salah,bukannya kearah hotel namun kearah pusara Imam Bukhori.

Sesampainya beliau ke Pusara sang imam,tiba-tiba beliau dijemput oleh seseorang yang tidak beliau kenal,sambil mempersilahkan beliau untuk menggunakan toilet duduk,sambil berkata orang tersebut ” sebenarnya toilet ini sudah dipesan oleh seseorang,tapi ia tak kunjung datang.jadi saya ingin memberikan untuk anda ” ujar orang yang tidak dikenal tersebut.
Setelah beliau menunaikan hajatnya ,langsung menuju pusara sang imam untuk melanjutkan pembacaan beberapa Hadits.dan setelah itu beliau melanjutkan pulang kehotel sambil berkata ” ini adalah karomah Imam Bukhori.

Selamat tinggal ayah yang berhati baik. Selamat tinggal sosok tubuh yang pernah menanamkan hikmah, ilmu, teladan dihati hati kami. Selamat tinggal pemimpin umat yang tak bisa kami lupakan dalam pendiriannya dan keikhlasannya. Selamat tinggal pahlawan yang jujur, ikhlas dalam amal dan perbuatanya. Selamat jalan… selamat jalan,.. kebaikan dan kemulyaan engkau telah meliputimu semasa hidupmu dan disaat wafatmu. Engkau telah hidupi hari hari mu didunia dengan mulia, dan sekarang Engkau telah terima imbalannya disaat wafatmu pula dengan mulia. Jika sekarang kita telah berpisah untuk sementara, maka kami pasti akan menyusulmu Insya Allah dan kita pasti akan bertemu dan berkumpul kembali…. amin yarobbal alamin.

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: