Apa Saja Sunnah-Sunnah Dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

Apa Saja Sunnah-Sunnah Dalam Menjalankan Puasa Ramadhan. Semua perbuatan manusia pasti tidak lebas dari kelima hukum syara’, yaitu wajib, sunnah, haram, makruh, dan mubah. Wajib adalah perkara yang harus dikerjakan oleh setiap manusia yang telah mencapai usia baligh, apabila ia tidak melakukan perkara itu maka ia akan mendapatkan dosa, dan jika ia mengerjakannya maka ia akan mendapatkan pahala. Adapun Sunnah adalah perkara yang baik dikerjakan oleh seorang hamba, apabila dikerjakan maka ia akan mendapatkan pahala, tetapi jika ditinggalkan ia tidak mendapatkan dosa.

Adapun haram adalah perkara-perkara yang tidak boleh dikerjakan oleh setiap muslim. Jika ia mengerjakannya maka ia akan mendapatkan dosa, dan jika ia mau meninggalkannya karena Allah maka ia akan nedapatkan pahalanya. Adapun makruh adalah perkara yang dibenci oleh Allah ketika dilakkukan oelh manusia, namun Ia tidak menjatuhkan dosa bagi pelakunya. Oleh karena itu jika dikerjakan dibenci, dan jika ditinggalkan akan dicintai oleh Allah. Adapun mubah adalah apabila dikerjakan atau ditinggalkan tidak apa-apa.

Sebentarlagi kita akan memasuki bulan ramadhan yangberarti kita akan mengerjakan kewajiban berpuasa. Puasa hukumnya wajib, oleh karena itu jika ada seorang muslim yang meninggalkannya tanpa alasan yang dibenarkan oelh syareat maka ia akan mendapatkan dosa, dan di akherat ia akan mnedapatkan adzab dari Allah SWT, na’udlubillahi mindzalik. Namun bagi orang yang ikhlas menjalankannya maka pahala dan hadiah Allah yang besar telah menantinya di akherat kelak. Semoga kita termasuk orang yang dipilih Allah untuk mengerjakan ibadah puasa dengan baik.

Sesuau yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa adalah datangnya buka puasa. Di sore hari segenap kaum muslimin akan mempersiapkan drii untuk berbuka puasa. Setelah berjam-jam bergelut dengan laar dan dahaga, kini saatnya mereka akan merasakan segarnya air dan lezatnya makanan. Meski dalam keadaan sangat lapar dan haus yang sangat Orang yang beriman  tidak akan lepas kendali, mereka akan tetap memperhatikan adab-adab dan sunnah-sunnah ketika berbuka puasa. Apa sajakah sunnah-sunnah di dalam berpuasa, berikut penjelasannya.

Pertama, Menyegerakan Berbuka Puasa

Ketika waktu magrib telah tiba atau waktu diperbolehkannya untuk berbuka puasa bagi semua muslim yang menjalankannya, maka dianjurkan untuk segera berbuka puasa didahulukan dari pada menjalankan ibadah-ibadah yang lainnya, termasuk diantaranya menjalankan ibadah sholat maghrib.

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوااْلفِطْرَ.

Diceritakan dari Sahal Ibn Sa’ad, Rasulullah s.a.w, bersabda:”manusia selamanya dalam kebaikan, selama ia menyegerakan berbuka puasa” (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari dan Muslim)

 

Kedua, Membaca Do’a Berbuka Puasa

Membaca do’a berbuka puasa sebelum membatalkan puasa itu perbuatan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad s.a.w, sebagai mana sabdanya:

عَنِ ابْنِ عَمْرٍ كَانَ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا اَفْطَرَ قَالَ اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمْاءُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْاَجْرُ اِنْ شَاءَ اللهُ

Diceritakan dari Ibnu Umar; Rasulullah s.a.w, apabila berbuka buasa, ia berdo’a: “wahai Tuhanku, karena Engkau aku berpuasa, dan atas rizkimu aku berbuka, maka sirnahlah rasa dahaga dan urat-uratku sekarang jadi basah, dan semoga pahala puasanya tetap kalau Engakau menghendaki. (Hadits Shahihm riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Ketiga, Berbuka dengan Makan Buah Kurma atau Minum Air Putih

 Berbuka puasa diawali dengan memakan buah kurma, dan apabila tidak menemukan buah kurma atau tidak memilikinya, maka dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum memakan dan minum yang lainnya.

عَنْ اَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ اَنْ يُصَلِّيَ فَاِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمْرَاتٍ فَاِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Dari Anas r.a; “Nabi s.a.w, apbila ia berbuka puasa denga kurma gemading, sebelum Beliau shalat, apabila tidak ditemukannya, ia berbuka dengan kurma biasa, kalau tidak ditemukannya, Beliau berbuka dengan beberapa teguk dari air putih”. ( Hadits Shahih, riwayat Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Keempat, Makan Sahur Sesudah Tengah Malam

Makan sahur sesudah tengah malam, dengan maksud supaya menambah kekuatan ketika puasa.

عَنْ اَنَسٍ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَسَحَّرُوا فَاِنَّ فِى السُّحُوْرِ بَرَكَةٌ

Dari Anas r.a; Rasulullah s.a.w, bersabda: “makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terkandung berkah”. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Kelima Mengakhirkan Sahur

Sahur atau memakan sesuatu di malam hari dengan tujuan memperkuat diri untuk dapat menjalankan ibadah puasa keesokan harinya, maka dianjurkan mengakhirkannya sebelum waktu shubuh tiba.

عَنْ اَبِي ذَرٍّ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَا تَزَالُ اُمَّتِي بِخَيْرٍ مَااَخَّرُوا السَّحُوْرَ وَعَجَّلُوْا اَلْفِطْرَ

Dari Abu Dzar r.a: Rasulullah s.a.w, bersabda: tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa”. (Hadits Shahih, riwayat Ahmad)

Keenam, Meninggalkan Perkataan Jelek dan Jorok

 Di saat menjalankan ibadah puasa, seorang muslim dianjurkan untuk tidak berkata-kata yang tidak bermanfaat, apalagi perkataan jelek dan jorok. Semisal berbohong, menghina orang lain, menggunjing kejelekan orang lain, memfitnah orang lain dsb.

Dan apabila ia dicaci maki oleh orang lain, maka ia dianjurkan untuk mengatakan “saya sedang berpuasa” sampai dua, tiga kali ucapan, menurut Imam Nawawi dalam kitab adzkarnya. Sedangkan menurut Imam Rafi’i, ia dianjurkan untuk mangatakannya dalam hati saja sebagai pengingat agar tidak terpancing emosi.

*Risalah puasa

Wallahu A’lam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: