Apa Amalan Sunnah Di Malam Pertama Bulan Ramadhan

Orang yang berilmu adalah orang yang tahu. Semakin ia mendapatkan ilmu maka ia akan mendapatkan derajat melebihi derajat kawan-kawannya. Mengapa demikian, karena ketika ia tahu sebuah ilmu yang dipertanggungjawabkan kebenarannya lalu ia amalkan dengan baik dan ikhlas karena Allah maka ia akan mendapatkan nilai plus, sementara orang lain tidak mendapatkannya karena ia tidak tahu. Dan buah dari ketidaktahuannya maka ia tidak mengerjakannya. Dibawah ini keterangan yang menyebutkan akan amalan sunnah di malam pertama bulan Ramadhan.

  1. Telah disebutkan di dalam kitab Kanzun Najaah Was Surur, karya Syeikh ‘Abdul Hamid bin Muhammad ‘Ali bin ‘Abdul Qaadir al-Quddus al-Makki asy-Syafie tentang keutamaan membaca surat al-Fath pada malam awal Ramadhan.

Faedah: Membaca Surah al-Fath Pada Malam Awal Ramadhan. Telah berkata Syaikh Abu Bakar an-Naisaaburi, “Aku telah mendengar Muhammad bin ‘Abdul Malik berkata, aku telah mendengar Yazid bin Harun berkata, aku telah mendengar as-Sam’udi berkata, ‘Telah sampai kepadaku bahwa barangsiapa membaca surah al-Fath pada malam awal (malam pertama) Ramadhan di dalam sholat tathawwu’ (solat sunat), dia berada di dalam penjagaan Allah untuk tahun tersebut’.

  1. Sulthonul Ulama’ Al Habib Salim bin Abdullah Asy Syathiri berkata, “Hendaknya kita melakukan shalat di malam pertama bulan Ramadhan empat rakaat, yang dibaca untuk setiap rakaatnya satu maqra (tempat tanda bacaan) dari surah Al-Fath (Inna fatahna laka fathan mubina…).

Diriwayatkan oleh Al- Khatib Asy-Syarbini bahwa barang siapa melakukan hal tersebut di awal malam Ramadhan, ia akan menjalani kehidupannya setahun dalam kebaikan dan berkecukupan. Hendaknya engkau melaku­kan hal itu”.

(Catatan) Tentang membaca surat Al Fath di malam pertama bulan Ramadhan ini, penulis menyimpulkan cara pengamalan dari dua sumber di atas.

Caranya, dirikanlah sholat sunat apapun di malam pertama Ramadhan, dan bacalah di dalam sholat tersebut (setelah membaca surah al-Fatihah), separuh daripada surat al-Fath dan sempurnakan separuhnya lagi di dalam rakaat kedua. Bisa dilakukan dua roka’at saja, atau empat roka’at.

  1. Tersebut juga di dalam kitab al-Wasaailul asy-Syaafi’ah fi al-Adhkar an-Naafi’ah wa al-Auraad al-Jaami’ah wa ats-Tsimaar al-Yaani’ah wa al-Hujub al-Hariizah al-Maani’ah ‘an an-Nabiy صلى الله عليه وآله وسلم karya al-Imam al-‘Allamah as-Sayyid asy-Syarif al-Muhaddits al-Habib Muhammad bin ‘Ali Khirid al-‘Alawi al-Husaini at-Tarimi (wafat 960هـــ), halaman 474:

Dari Sayyidina Abdullah Ibnu ‘Umar رضي الله عنهما, Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم telah bersabda, “Telah diturunkan kepadaku semalam akan satu surah yang lebih kukasihi daripada segala apa yang terbit matahari atasnya (yakni dunia dan segala isinya), dan dianjurkan agar dibaca pada awal malam bulan Ramadhan. Maka bacalah dan ajarkan kepada anak-anak kalian, in syaaAllah mereka tidak akan ditimpa kesusahan”.

  1. Berkata Syeikh Hussin Qudri Martapura di dalam karyanya berjudul Senjata Mukmin, pada halaman 92:

Surah al-Fath
(Khasiatnya) barangsiapa membacanya 3 (tiga) kali pada malam permulaan timbul bulan Ramadhan, in syaaAllah terpeliharalah ia di dalam setahunan itu dari marabahaya dan diluaskan rezekinya.

Dan untuk sebelum mengerjakan semua ibadah-ibadah yang sunahkan di dalam bulan ramadhan ini, hendaknya setiap muslim mempersiapkan niat dengan sebenar-benarnya, karena diterimanya amalan kita bergantung dari kesungguhan niat yang kita tekadkan. Berikut penjelasannya,

” Niat adalah kendaran amal “

النية مطية

Niat adalah kendaraan yang akan menyampaikan dan mengantarkan kita pada amal

Bahkan niat itu adalah pintunya amal dan penentu amal, oleh karena itu perbanyaklah dan perbaikilah niat niat kalian

Bahkan niat itu mampu membuat orang yang niat beramal karena niat dapat mengundang taufiq dari Allah SWT…

وقد قال الجنيد ( من فتح على نفسه باب نية حسنة فتح الله عليه سبعين باباً من التوفيق ) .

Berkata imam junaid ( siapa orang yang membuka atas dirinya satu niat kebaikan maka Allah akan membuka atasnya 70 pintu taufiq

Subhanallah…

Marilah kita niatkan niat-niat mulia agar di bulan Ramadhan nanti kita meraup pahala, rahmat dan maghfirah yang melimpah ruah tiada tara…..
Mari kita niat sebagai mana orang sholeh niat karena mereka adalah orang orang yang pintar dalam berdagang dengan Allah SWT…

نية رمضان لسيدي الحبيب أبي بكر العدني ابن علي المشهور

Niat menyambut bulan Ramadhan oleh Habib Abubakar Al-Adeni Al-Masyhur

نوينا مانواه النبي صلى الله عليه وسلم والسلف الصالح من آل البيت الكرام والصحابه الأعلام

Kami niat sebagaimana niat Nabi SAW dan para salafuna shalih dari para ahlulbait nabi yang mulia
dan para sahabat yang agung

ونوينا القيام بحق الصيام على الوجه الذي يُرضي الملك العلاّم

Kami niat melaksanakan puasa dengan sesempurna mungkin yang membuat ridho raja semesta alam Allah SWT

ونوينا المحافظة على القيام وحفظ الجوارح عن المعاصي والآثام

Kami niat menjaga sholat tarawih dan menjaga angota badan dari segala maksiat dan dosa

ونوينا تلاوة القرآن وكثرة الذكر والصلاة والسلام على سيد الأنام ونوينا تجنب الغيبة والنميمة والكذب وأسباب الحرام

Kami niat rutin membaca alqur’an dan banyak berdzikir serta sholawat pada nabi muhammad pemimpin manusia dan menjauhi ghibah, adu domba , berdusta dan segala hal yang menyebabkan perkara yang haram dan dosa

ونوينا كثرة الصدقات ومواساة الأرامل والفقراء والأيتام

Kami niat banyak bersodaqoh dan menyantuni para janda,orang-orang fakir juga anak anak yatim

ونوينا كمال الإلتزام بآداب الإسلام والصلاة في الجماعة في أوقاتها بانتظام

Kami niat menjaga dengan sebaik baiknya akhlak-akhlak yang di ajarkan dalam agama islam serta menjaga sholat jama’ah tepat pada waktunya dengan sempurna

ونوينا كل نية صالحة نواها عباد الله الصالحون في العشر الأوائل والأواسط والأواخر وليلة القدر في سائر الليالي والأيام

kami niat dengan semua niat niat baik yang telah di niatkan para sholihin di 10 hari pertama , 10 kedua serta 10 terakhir dan malam lailatul qodar juga di setiap malam dan harinya

يالله بالتوفيق حتى نفيق ونلحق الفريق

Mudah-mudahan kita mendapat taufiq sehingga kita bisa di golongkan dengan orang-orang sholeh…

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: