Keberadaan Kyai Kampung Untuk NKRI

Keberadaan Kyai Kampung Untuk NKRI. Salah satu unsur penting dalam sebuah bangunan adalah paku. Tanpa paku-paku mustahil sebuah bangunan bisa kokoh berdiri. Namun paku harus tidak terlihat, karena ia berada di dalam. Jika ia berada di luar maka fungsi paku tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kyai kampung ibarat paku-paku itu. Ia harus ada, meskipun ia tidak boleh terlihat. Bangsa Indonesia sangat berterimakasih kepada para kyai kampung dalam tegaknya NKRI

Salah satu kekuatan Islam Nusantara adalah keberadaan para kiai kampung di berbagai wilayah Indonesia. Mereka yang mengampu ummat di madrasah, surau, dan masjid-masjid kecil. Mereka yang bersentuhan langsung dengan orang-orang kecil dan mengajarinya untuk mendekat kepada Allah dan mencintai Rasulullah.

Namun kemudian nama-nama mereka terpinggirkan. Televisi dan media sosial mengenalkan para entertainer dakwah yang tidak semuanya alim. Bahkan tidak jarang karbitan. Ummat digiring untuk menjadikan tontonan sebagai tuntunan.

Gus Dur pernah mengajarkan kepada Kita bagaimana semestinya menghormati para kiai kampung. Tidak sekadar memanfaatkan nama mereka hanya di saat kampanye politik, tapi lalu meninggalkannya saat seusai tercapai kepentingannya.

Para kiai kampung sejatinya adalah benteng pertama Islam Nusantara. Mereka menjaga akidah ummat. Mereka pula yang menjaga agar masjid dan surau-surau kita tidak lepas lalu dikuasai kelompok-kelompok lain.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: