Wasiat Luqman Kepada Anaknya

Wasiat Luqman Kepada Anaknya.

Dan Sesungguhnya Telah kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), Maka Sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. Dan (Ingatlah) ketika Luqman Berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar. (QS. Luqman: 12-13).

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ (١٢)وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ (١٣)

 

Allah SWT mengabarkan kisah-kisah orang-orang terdahulu di dalam al-Qur’an dengan tujuan memberikan nasehat dan pelajaran. Ayat di atas menerangkan seorang hamba yang soleh yang bernama Luqman yang telah ma’rifat dan dapat melaksanakan ilmu yang dimilikinya.

Dua ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT telah memberikan anugerah kepada Luqman berupa akal yang sehat, pemahaman yang benar, dan membuka hatinya agar mengetahui karunia Allah kepadanya. Oleh karena itu Luqman besyukur dan memuji Allah atas nikmat-nikmat-Nya dengan cara melakukan ketaatan dan tunduk kepada-Nya.

Akan tetapi hal ini bukan berarti Allah membutuhkan ibadah hamba-Nya, hingga syukur seorang hamba dapat memberikan manfaat kepada Allah dan maksiatnya dapat merugikan Allah. Akan tetapi seluruh ketaatan dan syukur seorang hamba, kemanfatannya akan kembali kepadanya, baik di dunia maupun di akherat. Perbuatan baik atau buruk, akibatnya senantiasa akan kembali pula pada pelakunya.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا وَمَا رَبُّكَ بِظَلامٍ لِلْعَبِيدِ (٤٦)

Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh Maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hamba-Nya. (QS. Fusshilat: 46).

Luqman tidaklah hidup untuk dirinya sendiri, namun ia senantiasa mengajak orang-orang untuk menuju Allah. Ia saangat menginginkan agar orang-orang mendapatkan hidayah. Luqman juga pernah berwasiat kepada putranya, “wahai anakku, sembahlah Allah yang satu dan janganlah engkau menyekutukan-Nya dengan yang lain. Janganlah engkau mencari kemanfaatan atau menolak bahaya kecuali hanya kepada Allah. Sesunggunya Allah adalah rajanya raja dan pencipta semua makhluk.

Segala kemanfaatan dan mara bahaya ada di tangan-Nya. Apabila engkau meminta pertolongan kepada selain Allah, maka engkau telah bermaksiat kepada-Nya. Dan engkau telah berbuat dzolim kepada dirimu sendiri. Dan perbuatan itu akan mengantarkanmu pada siksa neraka yang kekal. Firman Allah,

إِنَّ اللَّهَ لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا بَعِيدًا

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, Maka Sesungguhnya ia Telah tersesat sejauh-jauhnya. (QS. An-Nisa’: 116).

# PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

  1. Hendaknya kita bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah orang terdahulu.
  2. Barangsiapa yang beramal soleh, maka kemanfaatannya akan kembali kepada dirinya sendiri. Sebaliknya, yang berbuat maksiat, kerugiaannya akan kembali kepadanya. Dan Allah maha kaya dan Ia tidak mungkin butuh pada makhluk-Nya.
  3. Hendaknya kita memberikan nasehat kepada anak-anak kita agar mereka taat kepada Allah. Dan wasiat Luqman kepada anaknya dapat dijadikan sebagai contoh bagaimana cara mendidik anak yang baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: