Keharusan Mencari Kebenaran Berita

Keharusan Mencari Kebenaran Berita

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (QS. Al-Hujarat: 6).

Firman Allah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

 

Rasulullah SAW pernah menguus salah seorang sahabat untuk menarik dan mengambil zakat fitrah dari Bani Mustholiq. Ketika mengetahui kedatangannya, mereka segera keluar untuk menyambutnya. Namun, sahabat tadi menyangka bahwa mereka akan berbuat jahat padanya, sehingga ia pulang dan memberitahukan kepada Rasulullah akan hal itu. Rasulullah pun marah dan berniat ingin menyerang mereka.

Padahal sebenarnya Bani Mustholiq kecewa dengan kepulangan sahabat tadi, sehingga mereka segera pergi untuk menjumpai Rasulullah dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, kemudia turunlah ayat ini.

Ayat ini menunjukkan kepada kita akan prinsip sosial yang sangat penting dalam kehidupan kita, yaitu kewajiban mencari kebenaran dari sebuah berita yang kita dengar. Karena tergesa-gesa untuk percaya pada setiap berita yang kita dengar dapat mengakibatkan kesalahpahaman. Disamping itu, hal ini juga akan menyebabkan perpecahan antara kerabat dekat, teman, para pemimpin, dan rakyat. Dan ketika kedustaan dan kebohongan telah benar-benar nyata, maka akan timbul rasa penyesalan yang mendalam.

Setiap muslim harus memiliki sikap waspada dan berhati-hati akan setiap kabar berita yang masuk ke telinga mereka. Ia harus mencari kebenaran berita tersebut dengan bertanya kepada berbagai sumber. Sesungguhnya sikap mempercayai setiap berita yang didengar lalu menyebarkan kepada orang-orang sekitarnya dapat membantu peyebaran fitnah dan berita-berita bohong. Dan hal ini akan membantu upaya dan tujuan-tujuan busuk para pendusta.

Setiap manusia, baik di rumah, di tempat kerja, ketika bersama tetangga dan teman-teman, dalam setiap detiknya harus seantiasa memegang prinsip ini. Dan prinsip ini lebih ditekakankan untuk dimiliki oleh para pemimpin yang jujur yang sedang berhadapan dengan orang-orang munafik yang menyukai permusuhan dan perpecahan.

# PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

  1. Keharusan setiap muslim untuk mencari kebenaran dari setiap kabar berita yang didengar.
  2. Sikap mempercayai setiap kabar berita yang masuk ke dalam telinga kita akan menyebabkan sakit hati, merugikan banyak orang, dan kehancuran bagi diri sendiri. Dan ketika kedustaan yang tersebar itu telah nyata, maka yang tersisa hanyalah penyesalan yang tiada berarti.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: