Jangan Meremehkan Orang Yang Banyak Melakukan Wirid Dan Amal Soleh (Hikmah Ke-Enampuluh Tujuh)

Apabila engkau melihat seorang hamba yang senatiasa melakukan wirid kepada allah, janganlah engkau merendahkannya meskipun engkau merasa dalam dirinya tidak ada tanda-tanda kesolehan. Sesungguhnya jika tidak ada warid (cahaya ilahi), maka tidak akan ada wirid (ibadah dzohir)

إِذَا رَأَيْتَ عَبْدًا أَقَامَهُ اللهُ تَعَالَى بِوُجُوْدِ الْأَوْرَادِ وَأَدَامَهُ عَلَيْهَا مَعَ طُوْلِ الْإِمْدَادِ فَلاَ تَسْتَحقِرَنَّ مَا مَنَحَهُ مَوْلاَهُ لأِنَّكَ لَمْ تَرَ عَلَيْهِ سِيْمَا الْعَارِفِيْنَ وَلاَ بهْجَةَ الْمُحِبِّيْنَ. فَلَوْلاَ وَارِدٌ مَا كَانَ وِرْدٌ

Ketahuilah, sesungguhnya hamba-hamba yang dikhususkan oleh Allah itu ada dua golongan. Golongan yang pertama adalah orang-orang yang diberi anugerah wirid (macam-macam ibadah dzohir) oleh Allah baik itu berupa shalat, puasa, dan lain-lain.

Mereka adalah para ‘ubbad (ahli ibadah) dan zuhhad (orang-orang zuhud) yang melakukan amal ibadah untuk mendapatkan surga dan derajat yang tinggi di sisi Allah. Mereka beramal karena keinginan nafsu mereka dan bukan mengharap wajah Allah ta’ala.

Dan golongan yamg kedua adalah orang-orang yang tidak memiliki kinginan apa-apa kecuali hanya mengaharapkan ridlo Allah SWT. Mereka adalah orang-orang ‘arif yang mencintai Allah ta’ala. Dan apabila engkau melihat orang-orang dari golongan yang pertama, janganlah engkau merendahkan dan menghinanya, dikarenakan engkau tidak melihat adanya tanda ke‘arifan di dalam dirinya -karena mereka masih belum bisa meninggalkan keinginan dan hawa nafsu, atau tidak adanya tanda muhibbin (orang yang mencintai Allah) yang hanya memandang Allah sebagai tujuannnya dan bukan memandang pahala atau surga-.

Ketahuilah, sesungguhnya wirid itu muncul dari adanya warid (cahaya) yang dimasukkan Allah ke dalam hati hamba-hamba-Nya yang Ia kehendaki. Sesungguhnya setiap hamba menempati maqom dan kedudukan yang telah ditetapkan olah Allah atasnya.

Syekh Abdul Majid As-Syarnubi, Syarhu Kitabil Hikam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: