Bagaimana Adab Memberi Hormat

Allah berfirman,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu. (QS. An-Nisa’: 86)

#MAKNA UMUM

Di dalam ayat ini Allah mengajarkan kepada kita satu macam adab yang umum yang arus dijaga oleh setiap muslim. Allah menjelaskan kepada kita bahwa apabila ada seorang muslim memberikan penghormatan kepada kita, maka kita juga harus menghormati mereka dengan semisalnya atau dengan yang lebih baik. Dan cara menghormati berbeda-beda sesuai dengan adat masing-masing bangsa.

Di dalam agam islam penghormatan antar sesamanya dilakukan dengan  cara mengucapkan salam السلام عليكم ورحمة الله وبركاته dan minimal diucapkan السلام عليكم. Inilah penghormatan yang diajarkan oleh agama Islam. karena makna salam adalah keselamatan yang sesuai dengan makna Islam.

Ucapan kalimat penghormatan ini lebih utama dan lebih baik dari pada adat yang telah berlaku sebelum datangnya Islam, sepertiأنعم صباحا أو مساء  atau أسعد الله صباحك أو مساءك  meskipun ini boleh-boleh saja karena isinya mengandun do’a kebaikan. Namun yang lebih utama bagi seorang muslim untuk berpegang pada penghormatan yang khusus dalam agama Islam.

Dan hendaknya seorang muslim tidak mengikuti cara-cara penghormatan yang dilakukan oleh orang-orang kafir. Karena hal itu menunjukkan lemahnya iman dan kepribadiannya.

Termasuk adab memberi hormat (penghormatan) di dalam islam adalah orang tua harus terlebih dahulu mengucapkan salam kepada yang lebih muda.Yang berkendara terlebih dahulu mengucapkan salam kepada yang berjalan, dan orang ayang berjalan kepada yang duduk. Dan jumlah yang sedikit memberikan salam kepada jumlah yang lebih banyak. Memulai memberikan salam hukumnya sunah muakkad, namun hukumnya berubah menjadi wajib apabila tidak dilakukan akan menyebabkan salah paham dan pemutusan hubungan persaudaraan.

Sementara menjawab salam hukumnya wajib, baik dengan salam yang sama atau yang lebih baik. Seorang muslim yang baik hendaknya menjawab salam dengan salam yang lebih baik dengan cara menambahkan kata-katanya atau mengekspresikan sesuatu yang dapat dirasakan oleh saudara kita.

Rasulullah SAW bersabda,

أَفْشُوْا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوْا

Sebarkanlah salam diantara kalian, maka kalian akan saling mencintai. (HR Abu Dawud).

#PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

1. Hendaknya seorang muslim menjaga hubungan baik dengan semua manusia dan menghormati mereka dengan penghormatan yang diajarkan oleh agama Islam

2. Hendaknya seorang muslim menjawab penghormatan dengan yang lebih baik, atau minimal dengan jawaban salam yang sama. Karena Allah maha melihatnya dan Ia akan memberikan balasan sesuai dengan amal perbuatannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: