Boleh Berbisik Untuk Mendatangkan Kebaikan

Allah berfirman,

لا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلاحٍ بَيْنَ النَّاسِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. dan barangsiapa yang berbuat demikian Karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak kami memberi kepadanya pahala yang besar. (QS. An-Nisa’: 114).

# MAKNA UMUM

Ayat ini menjelaskan akan kelemahan iman orang-orang yang saling bekerjas sama untuk menegakkan kebathilan dan menghancurkan kebenaran. Ayat ini telah mengabarkan kepada kita bahwa kebanyakan bisik-bisik yang mereka lakukan itu bukanlah perbuatan yang baik. Perbuatan ini tidak pantas dilakukan oleh seorang muslim.

Adapun berbisik yang pantas dilakukan oleh seorang muslim adalah berbisik dengan perkataan yang memberikan manfaat dan mendatangkan kemaslahatan bagi banyak orang. Seperti menasehati saudaranya agar ia membantu orang-orang yang membutuhkan harta bendanya. Atau mengajarkan cara beristiqomah di dalam hidup dan melakukan perbuatan yang diridloi oleh Allah, atau bisik-bisik yang bertujuan untuk mendamaikan dua orang yang sedang berselisih.

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَنَاجَيْتُمْ فَلا تَتَنَاجَوْا بِالإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَمَعْصِيَةِ الرَّسُولِ وَتَنَاجَوْا بِالْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan berbuat durhaka kepada rasul. dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan takwa. dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikembalikan. (QS. Al-Mujadalah: 9)

Apabila seorang muslim melakukan pebicaraan rahasia dengan ikhlas mengharapkan pahala dan ridlo-Nya, maka Allah akan menerima usaha dan amalnya, dan Allah akan memberikan untuknya pahala yang sangat besar.

# PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

1. Wajibnya menjauhi pembiaraan rahasia dan berbisik-bisik sebisa mungkin karena hal itu akan menimbulkan syubhat dan lebih banyak menolong perbuatan jahat. Akan tetapi apabila bertujuan untuk membeikan kemanfaatan dan kemaslahatan umum bagi kaum muslimin maka itu termasuk kebaikan yang para pelakunya akan diberkahi oleh Allah. Dan mereka akan medapatkan pahala yang besar.

2. Setiap muslim harus senantiasa mendekati hal-hal yang nendatangkan manfaat dan menjauhi hal-hal yang mendatangkan bahaya dan keburukan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: