Apa Hukum Memelihara Anjing ?

Para ulama telah bersepakat dalam hal ketidakbolehan memelihara anjing kecuali untuk suatu kebutuhan seperti berburu, menjaga rumah, dan hal lain yang mendatangkan manfaaat dan yang tidak dilarang oleh syareat. Para ulama yang bermadzhab Maliki berkata, “dimakruhkan untuk memelihara anjing yang tidak dimaksudkan untuk selain usaha pertanian, peternakan, atau berburu”.

Nabi Muhammad SAW bersabda, man ittakhoda kalban illa kalba maasyiyatin auw sho’idin au zar’in intaqosho min ajrihi kulla yaumin qiiroothun (barang siapa yang memelihara anjing -kecuali anjing yang digunakan untuk berburu atau untuk usaha pertanian-, maka akan berkurang pahala si pemiliki anjing itu setiap harinya satu qirooth) (HR Ahmad, Bukhori, dan an-Nasa’i).

Dari Ibnu Umar, dari nabi Muhammad SAW, man iqtana kalban illa kalba sho’idin au maasyiyatin, naqosho min ajrihi kulla yaumin qiruthoni (barang siapa yang memelihara anjing kecuali anjing berburu atau anjing untuk menjaga ternak, maka pahala pemilikinya akan berkurang setiap harinya sebanyak dua qirooth) (HR Ahmad dan Bukhori).

Imam Nawawi rohimahulloh berkata, “imam Syafi’i dan murid-muridnya mengatakan bahwa boleh hukumnya memelihara anjing untuk berburu, urusan pertanian dan peternakan -tanpa ada perselisihan diantara ulama-. Adapun anjing yang digunakan untuk menjaga rumah terjadi perbedaan pendapat dikalangan para ulama yang bermadzhab Syafi’i. Dan pendapat yang paling benar adalah pendapat yang membolehkannya. (al-majmu’, Imam Nawawi).

Salah seorang ulama yang bermadzhab Maliki -Syekh ‘Alisy- mengatakan bahwa boleh hukumnya memelihara anjing untuk segala hal yang mendatangkan manfaat dan untuk menolak bahaya. (manhul jalil syarh mukhtashor al-kholil, syekh Alisy).

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa boleh hukumnya melihara anjing dengan tujuan untuk mendatangkan manfaat. Dan tidak boleh hukumnya memeliharanya untuk tujuan lainnya. Wallahu ta’ala a’la wa a’lam.

Syekh Ali Jum’ah, Al-Bayan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: