Buang Jauh-Jauh Sifat Buruk Sangka Kepada Para Guru

Ada banyak orang yang gemar bersu’uddzon (prasangka buruk) kepada para wali Allah. Mereka mengira bahwa para sufi suka mengatakan suatu hal yang bertentangan dengan syari’at. Padahal kenyataannya tidak demikian. Hal-hal yang dikatakan oleh para wali mengajarkan kepada kita bagaimana tata cara beradab dan bersopan santun kepada Allah SWT. Akan tetapi keterbatasan bahasa lisan maupun tulisan yang tidak mampu mewakili perasaan mereka menyebabkan adanya kesalahpahaman bagi para pendengar.

Kita sebagai murid dituntut untuk beradab dan bersopan santun kepada para wali Allah. Kita tidak boleh gegabah untuk menuduh mereka dengan sesuatu yang belum kita ketahui. Oleh sebab itu, syekh Muhyidin Ibnu ‘Arabi memberikan satu pernyataan yang berbunyi ‘Attashdiiq bina wilayah’ (mempercayai kita adalah kewaliyan). Maksudnya, mempercayai perkataan dan perbuatan wali -yang biasa melakukan dzikir dan berfikir dengan tujuan Allah- merupakan bagian dari iman kepada hal yang ghaib. Ini adalah salah satu perintah Allah SWT.

Banyak orang yang mengira bahwa pernyataan syekh Muhyiddin itu hanya doktrin belaka, padahal sebenarnya bukan demikian. Para wali telah menjauhkan diri mereka dari aghyar (tipuan dunia). Mereka ingin menutup pintu hatinya dari makhluk. Mereka tidak ingin melihat seseorang. Mereka tidak kuat untuk bergaul dengan orang-orang awam.

Wali-wali Allah suka menjauhkan diri dari manusia. Ketika bergaul dengan manusia mereka merasa berat dan susah, namun ia tetap bersabar dan selalu beristighfar kepada Allah. Ia dituntut untuk menyampaikan dakwah Islam dan menyebarkan hidayah kepada orang banyak.

Syekh Ali Jum’ah, At-Thariq ila Allah

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: