Dzikir Membuat Lidah Menjadi Basah Atau Kering?

Suatu ketika datang seorang sahabat kepada Rasulullah SAW dan berkata, “wahai Rasulullah, ajaran agama Islam dan perintah-perintah Allah sangat banyak, tunjukkanlah padaku sesuatu yang mudah aku lakukan”. Kemudian nabi bersabda, “buatlah lisanmu itu selalu basah karena berdzikir kepada Allah SWT”.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya, apabila seseorang menyibukkan dirinya dengan berdzikir, lisannya justru menjadi kering dan ia akan memerlukan banyak air minum untuk membasahi tenggorokannya.

Rasulullah SAW menyebut kekeringan lisan itu dengan kebasahan. Pada hakekatnya kering itu adalah basah. Jadi, berdzikirlah sampai lidahmu menjadi kering.

Hadits tersebut mirip dengan hadits nabi SAW, “sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari pada harumnya minyak misik”. Bau mulut menjadi busuk karena tidak dimasuki makanan. Namun yang kita anggap busuk itu justru harum bagi para malaikat dan lebih segar dari segarnya bau minyak misik.

Kita harus melakukan dzikir laa ila ha illallah sebanyak 100.000 kali, terutama bagi seseorang yang jiwanya masih dikuasai nafsu amarah. Telah dipaparkan sebelumnya bahwa ada 70.000 hijab yang menutupi nafsu amarah dari cahaya-cahaya Allah, tetapi tidak semua hijab menutupi nafsu amarah.

Nafsu amarah tertutup dengan 10.000 hijab. Lalu nafsu di atasnya tertutup dengan 10.000, diatasnya lagi ada 10.000, dan seterusnya. Jadi, ada 70.000 hijab yang menutupi 7 lapisan nafsu.

Syekh Ali Jum’ah, At-Tariq ila Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: