Orang Lain Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhanmu Atau Menghilangkan Ujian Yang Menimpamu, Karena Allahlah Yang Memenuhi Kebutuhanmu Dan Mengangkat Ujianmu (hikmah ke-tigapuluh sembilan)

لاَ تَرْفَعَنَّ إِلَى غَيْرِهِ حَاجَةً هُوَ مُوْرِدُهَا عَلَيْكَ، فَكَيْفَ يَرْفَعُ غَيْرُهُ مَا كَانَ هُوَ لَهُ وَاضِعًا. مَنْ لاَ يَسْتَطِيْعُ أَنْ يَرْفَعَ حَاجَةً عَنْ نَفْسِهِ، فَكَيْفَ يَسْتَطِيْعُ أَنْ يَكُوْنَ لَهَا عَنْ غَيْرِهِ رَافِعًا

Janganlah engkau menyandarkan kebutuhanmu kepada selain Allah. Bagaimana mungkin selain Allah itu akan dapat memenuhi kebutuhanmu, sementara Allahlah yang hanya mampu mencukupi kebutuhanmu.

Sesungguhnya tiada seorang pun yang mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, lalu bagaimana mungkin ia dapat memenuhi kebutuhan orang lain?!

Janganlahlah engkau memasrahkan hajat (keperluan)mu -seperti kurangnya harta atau ditimpa musibah- kepada selain Allah. Sesungguhnya Allahlah yang menurunkan kemiskinan dan musibah itu kepadamu sebagai ujian.

Pasrahkanlah semuanya kepada-Nya dan berdo’alah, sesungguhnya Allah itu suka apabila Ia diminta. Di dalam hadits dikatakan, “barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan marah kepadanya”.

Sesungguhnya mustahil bagi selain Allah untuk dapat menghilangkan sesuatu yang telah Allah tetapkan. Sifat Allah adalah berkuasa untuk mengangkat kembali apa yag telah Ia turunkan. Sedangkan sifat hamba adalah lemah dan tidak mampu untuk merubah ketetapan Allah.

Jika seseorang tidak mampu merubah ketentuan Allah atas dirinya sendiri, apakah mungkin ia bisa merubah ketetapan Allah atas orang lain?!.

Sesungguhnya permintaan kepada makhluk adalah ketertipuan dan kebatilan -jika ia lupa kepada Allah-. Akan tetapi apabila ia melakukannya karena memenuhi ‘sebab’, dengan menyadari sepenuhnya bahwa yang memberi pada hakekatnya hanyalah Allah, maka tidak termasuk kedalam pembahasan ini. Wallahu a’lam bisshowab.

Syekh Abdul Majid As-Syarnubi Al-Azhari, syarkhu kitabil hikam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: