Menghina Orang Biasa Dibenci Allah, Bagimana Kalau Menghina Wali-Nya

Semua manusia di sisi Allah adalah sama, namun yang membedakannya adalah taqwa. Kemuliaan seseorang ditentukan oleh ketaqwaannya kepada Allah. Orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa.

Allah berfirman,

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al-Hujarat: 13).

Taqwa adalah menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Perintah dan larangan Allah tidak hanya terbatas pada perintah dan larangan yang bersifat dzahir, tetapi juga meliputi yang batin. Oleh karena itu yang mengetahui hakikat ketaqwaan seseorang hanyalah Allah SWT. Penilaian manusia hanya sebatas penilaian dzahir yang tampak oleh mata, sementara yang mengetahui hatinya hanya Allah.

Apabila ketaqwaan seseorang hanya Allah yang tahu, maka seseorang dilarang menghina oang lain karena kesalahan kecil yanng tampak oleh matanya. Bisa jadi ia memiliki suatu amalan yang menjadikannya mulia di sisi Allah.

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا يَسْخَرْ قَومٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. (QS. Al-Hujarat: 11)

Tindakan mencela dan menghina itu timbul karena dirinya merasa lebih baik dari orang lain, padahal tidak ada yang mengetahui hakikat kebaikan seseorang kecuali Allah SWT. Oleh karena itu orang yang suka menjelek-jelekkan orang lain sebenarnya ia sedang dihijab oleh Allah SWT. Hatinya tidak merasakan pengawasan Allah SWT. Ia lupa dengan larangan Allah untuk tidak merendahkan orang lain.

Sunggguh kita melihat fenomena saling hujat dan saling hina di zaman ini. Lebih mengherankan lagi, cacian itu keluar dari mulut-mulut orang muslim kepada muslim lainnya. Bahkan seorang ulama mencaci ulama yang lain hanya karena perbedaan kecil di dalam permasalahan agama. Tidak cukup hanya dengan cacian, mereka menganiaya bahkan tega membunuh saudaranya sesama muslim. Mereka juga merusak dan menghanacurkan masjid dan tempat-tempat ibadah kelompok islam lainnya. Sungguh ini adalah perbuatan keji yang tidak pantas dilakukan oleh orang-orang beriman kepada Allah, Al-Qur’an, dan hari akhir.

Orang yang baik akan membalas celaan dengan doa agar Allah memberikan hidayah-Nya, bukan malah membalas cacian dengan cacian. Para wali-wali Allah juga menerima hinaan, cacian, dan tuduhan menyakitkan dari muslim lainnya, tetapi mereka bisa mencontoh akhlak panutannya, baginda Rasulullah SAW. Yang celaka adalah orang yang menghina dan menyakiti orang-orang yang kebetulan mereka adalah wali-wali kekasih Allah. Tentu Allah akan murka dan melaknat orang-orang yang merendahkan wali-Nya.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ عَادَى لِيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ

Siapa yang memusuhi wali-Ku maka Aku umumkan perang kepadanya. (HR. Bukhari, Muslim).

Menyakiti orang biasa itu dibenci Allah, apalagi menyakiti wali-wali-Nya. Apalah artinya shalat, puasa, haji, sedekah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan amal shaleh lainnya apabila ia telah diperangi Allah karena membenci wali-Nya.

Semoga kita bukan termasuk orang yang membenci para wali Allah. Sebaliknya, kita memohon agar Allah menjadikan hati kita hati yang mencintai kekasih-kekasih Allah dan membanti setiap dakwah mereka. Amiin Ya Rabbal Aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: