Kejujuran Akan Mengantarmu Ke Surga

Salah satu sifat wajib bagi rasul adalah as-shidq (jujur). Apabila para rasul tidak jujur maka wahyu Tuhan tidak bisa dipastikan kebenarannya. Karena kejujuran dari para rasullah maka kita benar-benar yakin dengan apa yang mereka sampaikan. Umat muslim benar-benar percaya bahwa semua kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadits berasal dari Allah SWT.

Allah berfirman,

ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS. Al-Baqarah: 2)

Sesungguhnya sifat jujur sangat penting di dalam kehidupan manusia. Manusia-manusia yang mencintai para rasul pasti akan tertular dengan sifat jujur mereka. Ia tidak akan berani berbohong karena ia yakin bahwa Allah Maha Melihat. Tiada detik setiap manusia yang terlewat tanpa pengawasan Allah SWT.

Orang yang jujur akan memperoleh kemuliaan-kemuliaan. Ia akan dimuliakan oleh keluarga, sahabat, teman, masyarakat di sekelilingnya, dan yang terpenting dimuliakan oleh Allah SWT. Karena kemuliaan yang hakiki adalah kemuliaan yang datang dari Allah SWT. Untuk apa kemuliaan-kemuliaan berdatangan dari manusia tetapi ia tidak mendapatkan kemuliaan dari Allah.

Allah adalah Dzat yang Maha Besar yang pasti akan memberikan kemuliaan yang besar pada orang yang jujur.

Rasulullah SAW bersabda,

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ. وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصَدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُوْرِ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ، وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Kamu harus jujur, karena jujur akan menunjukkanmu pada kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkanmu pada surga. Ada orang yang terus-menerus menjaga sifat jujurnya hingga Allah mencatatnya sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah sifat bohong, karena bohong akan menunjukkan pada keburukan, dan keburukan akan menunjukkan pada neraka. Ada orang yang terus-menerus berbohong hingga Allah mencatatnya sebagai orang yang berbohong. (HR. Bukhari, Muslim).

Sungguh kejujuran akan membawa seseorang kepada surga. Bahkan ketika di dunia ia telah merasakan surganya. Dengan sifat jujur ia merasakan ketenangan dan ketentraman hidup. Tidak ada perasaan was-was, cemas, dan khawatir yang menyelimut hatinya. Meski terkadang kejujuran terasa pahit, pasti ia akan merasakan manis pada akhirnya.

Sebaliknya, orang yang terbiasa berbohong akan merasakan kesempitan hidup. Malam-malamnya akan diliputi perasaan suntuk, gundah gulana, dan gelisah yang berkelanjutan. Ia selalu dihantui oleh perasaan takut kalau-kalau kebohongan yang dilakukannya diketahui oleh orang lain. Di dunia ia merasa tidak nyaman dan di akhirat panasnya api neraka akan menyambutnya, na’udlubillah.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan kepada kita semua untuk senantiasa menjaga sifat jujur kapan pun dan dimana pun, hingga Allah mencatat kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang jujur, Amiin Ya Rabbal Aalamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: