Melihat Keindahan Surga

Melihat Keindahan Surga. Surga adalah tempat yang sangat indah. Ia diciptakan Allah khusus untuk orang-orang yang beriman kepadanya. Orang yang beriman akan adanya surga pasti berusaha sungguh-sunguh untuk mendapatkannya. Sebaliknya, orang yang bermalas-malasan dalam melakukan ketaatan kepada Allah berarti ia tidak mempercayai surga.

Surga adalah tempat yang abadi yang tak terkira keindahannya. Tidak ada tempat di dunia yang menyamai keindahan surga. Panca indera belum pernah merasakannya dan khayalan manusia tidak mampu menjangkaunya.

Rasulullah SAW bersabda,

أَعْدَدْتُ لِعِبَادِيَ الصَّالِحِيْنَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

Aku menyipakan untuk orang-orang yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didenggaroelh telinga, dan tidak bisa dibayangkan oleh hati. (HR. Bukhari)

Tidak ada seorang pun yang telah mengetahui bagaimana bentuk, rasa, dan bau surga.

Allah berfirman,

فَلا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. (QS. As-Sajdah: 17)

Allah adalah Dzat yang Maha Indah. Umat manusia telah menjadi saksi atas keidahan Allah di dunia ini. Bagitu banyak keindahan-keindahan yang bisa kita saksikan, indahnya alam semesta, indanya berbagai jenis binatang, indahnya tumbuh-tumbuhan, buah-buhan, dsb.

Allah menyuruh kita agar senantiasa mengingat bahwa semua yang ada di alam semesta ini berasal dari Allah. Mereka semua tidak indah dengan sendirinya, tetapi ada Dzat yang membuat mereka menjadi indah. Dialah Dzat yang Maha Indah. Keindahan-keindahan yang diciptakan manusia juga termasuk bagian dari keindahan Allah, karena pada hakikatnya semua berasal dari-Nya.

Namun kebanyakan manusia terlena dengan keindahan yang ada. Keindahan itu tidak menjadikan mereka bersyukur lalu memuji Allah, tetapi mereka malah menyembah keindahan itu untuk memuaskan hawa nafsu mereka. Keindahan membuat mereka menjadi sombong dan berbangga diri. Mereka lupa kepada Sang Pencipta Keindahan.

Allah berfirman,

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai. (QS. Al-A’raf: 205)

Ingatlah bahwa keindahan di dunia bukanlah sesuatu yang dituju. Keindahan dunia hanyalah cobaan, apakah ia menggunakan keindahan itu untuk mendekatkan diri kepada Allah ataukah sebaliknya. Keindahan dunia adalah bukti bahwa Allah mampu menciptakan keindahan yang berjuta-juta kali lipat dari keindahan dunia. Keindahan dunia adalah bukti bahwa Allah ada, dan semua yang dikatakan-Nya di dalam Al-Qur’an adalah benar.

Allah berfirman,

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا قَالُوا هَذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : “Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu.” mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah: 25)

Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman kepada surga lalu berusaha sunguh-sungguh untuk meraihnya. Karena surga adalah sebenar-benar keindahan, kindahan yang tidak akan hancur sampai kapanpun, keindahan yang kekal abadi yang harus dituju oleh orang-orang yang berakal.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: