Termasuk Tanda Akhir Zaman Adalah Manusia Mudah Untuk Menjadi Wali

Termasuk Tanda Akhir Zaman Adalah Manusia Mudah Untuk Menjadi Wali. Syekh Muhyiddin Ibnu Arabi berkata, “Sekarang kita berada di zaman akhir, sebab apa yang dikabarkan oleh baginda nabi mengenai tanda akhir zaman telah ada. Diantara tanda itu adalah dimudahkannya manusia dalam 3 hal yaitu haji, ilmu, dan kewaliyan”.

Kita telah merasakan kemudahan dalam ibadah haji. Apabila kita bandingkan zaman sekarang dengan zaman dahulu, kemudahan yang diberikan Allah kepada kita saat ini tentu akan lebih kita rasakan, baik dalam sarana transportasi, jalan, kebutuhan selama di tanah arab, dan masih banyak lagi.

Hal mudah selanjutnya adalah ilmu. Pada zaman dahulu manusia menulis di atas kulit kayu, tulang, dan batu, sampai pada akhirnya menemukan kertas. Perjalanan waktu dari tahun ke tahun membuat peradaban manusia semakin maju hingga menghasilkan mesin ketik.

Belum berhenti sampai disini, akal manusia masih terus berfikir dan meneliti hingga ia dapat menciptakan komputer.

Manusia-manusia zaman modern masih belum puas juga dengan komputer. Mereka menciptakan teknologi internet yang mampu mengirim dan menyebarkan informasi ke seluruh penjuru dunia dengan mudah dan cepat. Inilah zaman kita, zaman akhir yang dimudahkan dalam hal ilmu dan pengetahuan.

Adapun yang terakhir adalah hal wilayah (kewaliyan). Syekh Muhyiddin mengatakan satu kaidah yang berbunyi ‘mempercayai kita adalah kewaliyan’. Maksudnya adalah bahwa membenarkan perkataan dan perbuatan para sufi adalah kewaliyan itu sendiri.

Dengan mempercayai dan meyakini apa yang dikatakan dan dilakukan oleh para wali, kita bisa menjadi wali. Inilah karunia Allah yang mudah sekali kita dapatkan.

Syekh Ali Jum’ah, At-Tariq ilaa Allah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: