Barangsiapa Mengenal Tuhannya, Maka Ia Tidak Akan Sibuk Dengan Yang Lain

Barangsiapa Mengenal Tuhannya, Maka Ia Tidak Akan Sibuk Dengan Yang Lain. Makna dari ungkapan ‘siapa yang mengenal Tuhannya maka ia tidak sibuk dengan sesuatu yang lain’ adalah barangsiapa yang telah mengatahui dan merasakan keagungan, kekuasaan, dan kesempurnaan Allah, maka ia tidak mungkin menemukan manusia atau makhluk lain yang dapat menyibukkan hati dan pikirannya dari melihat kebesaran Allah SWT.

Seseorang yang telah mengetahui Tuhannya akan selalu sibuk dengan Allah SWT. Jika bersama dengan selain Allah ia tidak akan merasakan kenyamanan. Oleh karena itu ketika ia bersama dengan selain Allah, ia akan cepat-cepat kembali kepada Allah. Karena ia hanya bisa menemukan kenikmatan ketika bersama dengan Allah SWT. Inilah kenikmatan hakiki yang dirasakan oleh orang-orang soleh.

Kenikmatan ini diperoleh dengan cara melakukan banyak dzikir dan berusaha untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Barangsiapa yang merasakannya maka ia akan mengetahui. Dan barang siapa yang mengetahui maka ia akan menggayung (baca: mengambil manfaat).

Barang siapa yang merasakan manisnya bersama dengan Allah, ia tidak merasakan kenikmatan bersama dengan selain Allah. Barang siapa yang terus-menerus membiasakan diri dengan berdzikir kepada Allah, maka ia akan mendapatkan rasa cinta kepada Allah.

Meskipun badannya bersama dengan yang lain, namun hatinya senantiasa terus bersama Allah SWT. Wallahu ta’ala a’la wa a’lam.

Syekh Ali Jum’ah, Al-Bayan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: