Gus Dur Mengetahui Isi Ceramah Tanpa Mendengarnya

Karamah yang diberikan Allah kepada masing-masing wali-Nya berbeda-beda. Diantaranya ada wali Allah yang bisa mengetahui sesuatu hal tidak melalui panca indranya. Pengetahuannya langsung datang dari Allah -baik pengetahuan itu berupa kejadian yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau suatu ilmu-.

Hal ini juga pernah dialami oleh Gus Dur. Seorang Peneliti asal Belanda -Martin Van Bruinnessen- menuturkan bahwa pada suatu hari ia bersama Gus Dur dalam sebuah acara seminar. Ketika pemateri sedang menyampaikan makalahnya, ia melihat Gus Dur tertidur pulas. Tetapi anehnya, pada saat terbangun beliau mengajukan sebuah pertanyaan yang pas dan sangat baik, bahkan dianggap paling baik diantara para penanya lainnya. Subhanallah.

Kisah lainnya, dalam sebuah kesempatan Gus Dur pernah diminta oleh Martin Van Bruinnessen untuk menuliskan kata pengantar untuk buku yang baru diselesaikannya. Ia yakin bahwa Gus Dur tidak mungkin membaca bukunya, karena beliau tidak bisa melihat.

Akan tetapi kata pengantar yang dituliskan Gus Dur sangat pas dan mencakup keseluruhan isi buku itu. Subhanallah. Laa haula wala quwwata illa billah.

Berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: