Bukti Dan Petunjuk Bahwa Allah Itu Ada

Bukti Dan Petunjuk Bahwa Allah Itu Ada. Allah berfirman,

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang. Bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia. Dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air.

Lalu dengan air itu Ia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Ia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, pengisaran angin, dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi. Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang mau berfikir. (QS. Al-Baqarah: 164).

#MAKNA UMUM

Ayat sebelum ayat di atas adalah firman Allah,

وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Mahaesa. Tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah: 163)

Diriwayatkan bahwa ketika orang-orang kafir mendengar ayat ini (surah Al-Baqarah ayat 163), mereka bertanya, “apa buktinya?”, kemudian Allah menurunkan ayat yang akan kita bahas ini (surah Al-Baqarah ayat 164). Ayat ini mengajak kepada manusia untuk memandang apa-apa yang ada di dalam semesta, yang menjadi dalil / bukti adanya Allah, dan yang menunjukkan akan kebesaran, kemahaesaan, dan kesempurnaan-Nya.

Lihatlah bagaimana Allah mengangkat langit tanpa tiang, bagaimana besarnya ukuran planet-planet, keindahan bintang-bintang yang gemerlapan, bumi yang dihamparkan sebagai tempat untuk membangun rumah-rumah, dan tambang-tambang yang dititipkan Allah di dalam perut bumi.

Lihatlah pula bagimana Allah mengganti malam dengan siang, musim panas dengan musim dingin, dan gelap menjadi terang. Renungkan pula pada kapal-kapal pengangkut yang dapat berjalan di atas permukaan air sehingga ia bisa mengangkut manusia dan barang-barang yang dibutuhkannya dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dan pada hujan yang diturunkan Allah dari langit yang menjadikan tanah yang tandus menjadi subur, sehingga ia menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. Dan masih banyak tanda-tanda kekuasaan Allah lainnya.

Sesungguhnya di dalam setiap makhluk yang diciptakan Allah -dimana semuanya ditundukkan untuk kemanfaatan manusia- adalah bukti-bukti dan petunjuk bagi orang-orang yang memiliki akal yang sehat untuk mengetahui adanya Allah, sang Maha pencipta dan yang Mahaesa.

Allah berfirman,

لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلا اللَّهُ لَفَسَدَتَا فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

Sekiranya ada di langit dan di bumi, tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Mahasuci Allah Sang Pemiliki ‘Arsy dari apa yang mereka (orang-orang bodoh) sifatkan. (QS. Al-Anbiyaa: 22).

Orang-orang yang berakal tentu akan mengatakan bahwa bumi dan langit tidak mungkin tercipta dengan sendirinya tanpa ada yang mencipatakannya, sebagaimana dikatakan oleh orang-orang ateis. Akal sehat pasti mengatakan bahwa segala sesuatu yang tercipta itu pasti ada yang menciptakan.

# PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

  1. Tidak ada alasan bagi orang kafir dan ateis untuk mengatakan bahwa Allah tidak ada, karena bukti dan petunjuk-petunjuk yang menunjukkan keberadaan dan keesaan Allah telah terhampar di hadapannya, di alam semesta.
  1. Setiap manusia wajib berfikir dan merenungi segala apa yang ada di alam semesta. Karena kegiatan ini berfungsi untuk mempertebal keimanan mereka. Semakin dalam ia berfikir mengenai ciptaan Allah, maka semakin bertambah besar pula keimanannya. Kecuali orang-orang ingkar yang mata hatinya telah dibutakan oleh Allah sehingga mereka tidak mendapatkan hidayah. Na’uudhu billah min dzaalik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: