Jangan Memaksa Allah Untuk Mengeluarkanmu Dari Kondisi Sekarang (Hikmah ke-sembilanbelas)

لاَ تَطْلُبْ مِنْهُ أَنْ يُخْرِجَكَ مِنْ حَالةٍ لِيَسْتَعْمِلُكَ فِيْمَا سِوَاهَا. فَلَوْ أَرَادَكَ لاَسْتَعْمَلَكَ مِنْ غَيْرِ إِخْرَاج

Janganlah engkau meminta kepada Allah agar mengeluarkanmu dari suatu kondisi, dengan harapan bahwa Allah akan menggunakanmu (baca: memberimu banyak kesempatan beribadah). Ketahuilah, apabila Allah telah menginginkanmu, maka Dia akan menggunanakanmu, tanpa harus mengeluarkanmu (dari kondisimu sekarang).

Janganlah engkau meminta kepada Allah agar Dia mengeluarkanmu dari suatu kondisi -yang tidak bertentangan dengan syareat; baik itu kondisi yang bersifat jasmani maupun ruhani-, karena engkau beranggapan bahwa kondisi yang lain lebih baik bagimu.

Sesungguhnya hal itu termasuk bentuk ketidaksopananmu kepada Allah, karena seolah-olah engkau memaksakan pilihanmu kepada Allah, padahal engkau tidak memiliki pilihan atas dirimu.

Apabila Allah telah menghendaki, maka Allah akan menggunakanmu dan memilihmu sebagai kekasih-Nya, tanpa harus mengeluarkanmu dari kondisi sekarang -yang telah Allah tetapkan atasmu-.

amun apabila kondisi yang sedang engkau alami sekarang bertentangan dengan syariat Islam, maka engkau harus berusaha cepat-cepat keluar dan senantiasa memohon kepada Allah agar Dia segera memindahkanmu dari kondisi ini kepada kondisi yang lebih baik -yang tidak bertentangan dengan syariat Islam-.

Syekh Abdul Majid As-Syarnubi Al-Azhari, syarh kitabil hikam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: