Perintah Agar Menyembah Kepada Allah, Tidak Menyekutukan-Nya, Dan Berbuat Baik Kepada Semua Manusia

Allah berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. ( QS. An-Nisa’: 36).

Makna umum

Di dalam ayat ini Allah menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya akan pondasi ibadah yang benar dan pergaulan yang bagus. Allah Swt. memerintahkan mereka untuk mengesakan dan hanya menyembah kepada-Nya, merasa takut dan berharap hanya kepada Allah. Kemudian Allah memerintahkan mereka untuk berbuat baik di dalam bergaul dengan sesama manusia, baik kepada kerabat yang dekat maupun kerabat yang jauh.

Manusia yang pertama kali harus kita perlakukan dengan baik adalah kedua orang tua, karena mereka telah bersusah payah dan bekerja keras demi kebaikan kita. Tidak ada orang yang lebih berjasa pada diri kita kecuali orang tua, oleh karena itu banyak kita jumpai di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits, nasihat-nasihat untuk berbuat baik kepada kedua orang tua dan memenuhi hak-hak mereka.

Allah berfirman,

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al-Isra’: 23).

Kemudian Allah memerintahkan untuk berbuat baik kepada para kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan kepada tetangga baik yang muslim maupun non muslim. Rasulullah bersabda,

مَازَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِى بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُورثُهُ

Jibril selalu berwasiat kepadaku tentang (pentingnya) tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga juga akan mendapatkan bagian warisan dari tetangganya. (HR. Bukhari, Muslim)

Dan perintah berbuat baik ini tidak hanya sebatas pada mereka yang disebutkan di dalam ayat di atas, tetapi manusia juga diperintahkan untuk berbuat baik kepada teman di dalam suatu perjalanan, teman bekerja, kepada orang-orang asing yang membutuhkan pertolongan, dan kepada para hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya. Karena pentingnya berbuat baik kepada hamba sahaya, sampai-sampai ketika Rasulullah akan wafat beliau bersabda,

الصّلاَة الصَّلاَةُ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

Perhatikanlah shalat kalian dan perhatikan hamba-hamba sahayamu. (HR. Ahmad, Baihaqi).

Dan di akhir ayat ini Allah mengumumkan bahwa Ia tidak suka dengan orang-orang yang takabur, yang merasa lebih baik dari orang lain.

Allah berfirman,

وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الأرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولا

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi Ini dengan sombong, sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. (QS. Al-Isra’: 37)

Pelajaran yang dapat dipetik

  1. Ikhlas di dalam beribadah
  2. berbuat baik kepada semua manusia
  3. Allah membenci orang-orang yang sombong.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: