Keajaiban Terjadinya Bumi Sebagai Tanda Terbesar Kekuasaan Allah

Jika kita memperhatikan bumi dan bagaimana bumi diciptakan, maka kita akan temukan bahwa bumi adalah tanda terbesar kekuasaan Allah. Allah menjadikannya terhampar dan terbentang untuk manusia. Allah menjadikan bumi sebagai tempat rizki dan makanan untuk manusia. Allah menjadikan pada bumi jalan-jalan agar menjadi sarana bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan dan interaksi mereka.  Allah menancapkan gunung-gunung di bumi sebagai pondasi yang menjaganya.

Allah menjadikan bumi sebagai penghimpun makhluk hidup di atasnya dan penghimpun bagi makhluk yang mati di dalamnya. Punggung bumi menjadi kampung bagi makhluk yang hidup, dan perut bumi menjadi kampung bagi mereka yang mati. Allah sering sekali menyebut bumi dalam al-Qur’an dan mengajak manusia untuk merenungi kejadian bumi. Allah berfirman: “Allah yang menjadikan bagi kalian bumi yang kokoh” (QS. Ghafir: 64). Allah berfirman: “Allah menjadikan untuk kalian bumi yang terhampar” (QS. Al-Baqarah: 22). Allah berfirman: “Apakah mereka tidak melihat bagaimana unta diciptakan, bagaimana langit ditinggikan, bagaimana gunung ditancapkan, dan bagaimana bumi dihamparkan” (QS. Al-Ghasyiah: 17-20). Allah berfirman: “Sesungguhnya pada langit dan bumi terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman” (QS. Al-Jasyiah: 3) dan masih banyak lagi firman Allah yang menyebut tentang bumi.

kita lihat bumi ini tampaknya mati dan tidak bergerak. Ketika Allah turunkan air kepadanya, maka ia hidup dan menjadi hijau dengan tumbuh-tumbuhan yang indah. Keajaiban tumbuhan ini tampak dengan mata. Indah bagi orang yang memandangnya dan murah bagi orang yang membutuhkannya. Dari bumi keluar makanan pokok yang berbeda-beda bentuknya, ukurannya, warnanya dan manfaatnya. Begitu juga dengan buah-buahan, macam-macam obat dan makanan bagi hewan ternak dan burung. Allah berfirman: “Pada bumi ada wilayah yang saling berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman dan kurma yang matang dan yang belum matang yang disirami dengan air yang satu. Kami lebihkan sebagian diatas sebagian yang lain untuk dimakan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat  tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir”. (QS. Ar-Ra’du: 4)

Kemudian kita renungkan bagaimana Allah menjadikan gunung-gunung yang kuat dan menancap pada bumi. Bagaimana Allah menancapkannya dengan baik. Bagaimana Allah menjadikannya sebagai benda yang paling kuat di bumi agar tidak hilang ditelan waktu dan diterpa angin dan hujan. Bahkan Allah menjadikannya sumber bagi berbagai manfaat, barang tambang dan sumber air. Allah berfirman: “Allah menjadikan pondasi-pondasi yang berputar bersama kalian”. (QS. Lukman: 10)

Diriwayatkan dalam kitab Jami’ Tirmidzi dan lainnya dari Anas ibn Malik, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Ketika Allah menciptakan bumi, Allah menjadikannya berputar dan Allah menciptakan gunung-gunung di atas bumi sehingga bumi menjadi tetap. Para malaikat terkagum-kagum kelihat kekuatan gunung.

Mereka berkata ‘Wahai Tuhan kami, adakah makhluk yang Engkau ciptakan lebih kaut dari gunung? Allah berfirman: ‘Ada, yaitu besi’, para malaikat berkata: ‘wahai Tuhan kami, adakah makhluk yang Engkau ciptakan yang lebih kuat dari besi?’, Allah berfirman: ‘Ada, yaitu api’, mereka berkata: ‘Wahai Tuhan kami, adakah makhluk yang Engkau ciptakan yang lebih kuat dari api?’ Allah berfirman: ‘Ada, yaitu angin’ mereka berkata: ‘Wahai Tuhan kami, adakah makhluk yang Engkau ciptakan yang lebih kuat dari angin? Allah berfirman: ‘Ada, yaitu anak Adam yang berderma dengan tangan kanannya dan menyembunyikannya dari tangan kirinya’Wallahu A’lam.

‘Aja’ib al-Makhluqat min Manzhur Fikr al-Imam Ibnu al-Qoyyim

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: