Jangan Meremehkan Amalan Kecil

Para ulama mengatakan bahwa diantara perkara yang disembunyikan Allah adalah Dia menyembunyikan marah-Nya di dalam maksiat kepada-Nya dan menyembunyikan ridha-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Maksiat adalah melakukan sesuatu yang dilarang, meskipun itu kecil.

Ada dosa kecil ada juga dosa besar, akan tetapi bagi orang yang telah mencapai kedekatan dengan Allah tidak akan menganggap dosa kecil itu sebagai dosa kecil, karena ia tidak melihat dosanya, tetapi siapa yang dilangggar aturannya. Tidak ada yang dinamakan dosa kecil apabila dihadapkan pada pengadilan Allah. Setiap yang kecil akan dibalas dengan balasan Allah yang Maha Besar.

Allah berfirman,

وَأَنَّ عَذَابِي هُوَ الْعَذَابُ الألِيمُ

Dan bahwa sesungguhnya adzab-Ku adalah adzab yang sangat pedih. (QS. Al-Hijr: 50).

Orang yang telah mengerti akan senantiasa berhati-hati dengan perbuatannya. Ia akan menjaga dirinya dari melakukan suatu dosa sekecil apapun, karena ia tidak tahu apakah dosa kecil itu akan diampuni atau justru malah menjadi sebab marahnya Allah, na’udlubillah min dzaalik.

Begitupun sebaliknya, perbuatan baik meskipun itu hanya kecil, orang yang mengerti akan tetap memperhatikannya. Setiap manusia tidak tahu apa yang menyebabkan Allah ridha kepadanya. Mungkin saja Allah ridha ketika ia menyeberangkan orang tua di jalan, atau sebuah permen yang ia berikan kepada anak kecil yang menangis, atau batu yang ia singkirkan dari jalan, atau tulang yang disantap kucing, atau koin yang ia berikan pada peminta-peminta.

Oleh karena itu, orang yang pandai akan senantiasa mementingkan segala perbuatan baik sampai yang sekecil-kecilnya. Siapa tahu kebaikan kecil itulah yang menjadi pintu masuknya ke dalam surga, diampuni dosa-dosanya, dan diangkat derajatnya.

Allah berfirman,

نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa sesungguhnya Aku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Hijr: 49).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: