Hikmah Allah pada Nikmat Ingat dan Lupa

Betapa banyak manfaat dan hikmah bagi manusia dengan adanya potensi ingat dan lupa yang ada pada dirinya. Jika tidak ada potensi mengingat pada manusia, maka akan terjadi cacat dalam hidupnya dan dia tidak mengetahui hak dan kewajibannya. Dia tidak akan mengetahui apa yang ia terima dan apa yang ia berikan, ia tidak tahu apa yang ia dengar dan apa yang ia lihat, ia tidak tahu apa yang ia katakan   dan apa yang dikatakan kepadanya dan lain-lain. Dia tidak akan mengenal jalan yang pernah ia lalui berulang kali. Dia juga tidak akan dapat menerima ilmu walau dipelajari sepanjang hidupnya. Dia menjadi mahluk yang kehilangan kemanusiaannya. Maka mari kita renungkan betapa banyak manfaat dan nikmat ingat yang ada pada diri kita.

Begitu juga betapa besarnya nikmat lupa yang ada pada manusia. Jika tidak ada potensi lupa pada manusia, maka manusia tidak akan mampu melupakan sesuatu pun dan tidak akan habis kerugian yang ia  terima. Ketika dia bersedih atas satu musibah, maka kesedihan itu tidak akan berakhir karena dia selalu mengingatnya. Dia tidak akan mampu menghilangkan kedengkian yang dia rasakan. Dengan demikian dia tidak akan bias menikmati kehidupan dunia karena selalu ingat dengan penderitaannya.

Betapa banyaknya nikmat Allah dengan diciptakannya ingat dan lupa pada manusia dan betapa banyak manfaat dari ingat dan lupa yang kita rasakan. Jadi sudahkan kita bersyukur hari ini?!

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: