Yang Wujud Secara Hakiki Hanya Allah, Selain-Nya Tidak (Hikmah ke-limabelas)

مِمَّا يَدُلُّكَ عَلَى وُجُودِ قَهْرِهِ سُبْحَانَهُ أَنْ حَجَبَكَ عَنْهُ بِمَا لَيْسَ بِمَوْجُوْدٍ مَعَهُ

Sesuatu yang menunjukkan sifat Qahar (memaksanya) Allah adalah Dia menghijab (menutupi pandangan mata hati) dari melihat Allah, dengan sesuatu yang tidak ada.

Salah satu tanda kekuasaan Allah adalah Dia menghijabmu dengan ‘alam’ -yang pada hakikatnya tidak ada-. Sesungguhnya ‘Alam semesta’ pada hakikatnya tidak wujud bersama dengan wujud Allah SWT.

Hikmah sebelumnya telah menerangkan bahwa ‘alam’ pada hakikatnya gelap (baca: tidak ada), karena yang wujud secara hakiki hanya Allah SWT. Bagi orang-orang ‘arif (ahli makrifat), segala sesuatu selain Allah tidak mereka sifati dengan ‘ada’ atau ‘hilang’.

Tidak disifati dengan ‘hilang’, karena sesuatu yang ‘hilang’ itu pasti didahului dengan ‘ada’, padahal sesuatu selain Allah itu mutlak tidak ada. Allahlah satu-satunya Dzat yang ada.

Guruku Abul Hasan as-Syadzili mengatakan, “sesungguhnya kami melihat Allah dengan pandangan iman dan yakin, oleh karena itu kami tidak membutuhkan bukti dan dalil. Tidak ada sesuatu yang wujud kecuali Allah, oleh karena itu kami tidak melihat makhluk. Ketika kami melihat makhluk, kami melihatnya seperti debu yang berterbangan di udara yang jika kami tangkap, kami tidak mendapatkan suatu apapun”.

Syekh Muhyiddin bin Al-‘Arabi berkata, “barangsiapa yang melihat makhluk dan merasakan seolah-olah ia tidak bergerak, maka ia telah beruntung. Barangsiapa yang melihat makhluk dan merasakan seolah-olah ia tidak hidup, maka ia telah memperoleh kemenangan. Dan barangsiapa yang melihat makhluk dengan pandangan tidak ada, maka ia telah sampai ke hadirat Allah”.

Robeklah hijab-hijab yang menutupi dirimu wahai murid, dan jadikanlah Allah sebagai tempat bergantungmu. Sesungguhnya segala sesuatu itu hancur kecuali Allah SWT.

Dan tidak ada hikmah yang lebih menjadikanmu wushul (sampai ke hadirat Allah) kecuali hikmah ini.

Syekh Abdul Majid As-Syarnubi, Syarhu Kitaabil Hikam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: