Keajaiban Penciptaan Semut

Semut adalah hewan dengan ukuran tubuh kecil tetapi termasuk hewan paling kuat di dunia setelah Kumbang Badak. Semut mampu mengangkat beban hingga 50 kali dari berat badannya, sedangkan Kumbang Badak mampu mengangkat beban hingga 850 kali berat badannya. Selain kuat, semut termasuk hewan yang cerdas.

Dalam al-Qur’an terdapat ayat yang menjelaskan kecerdasan semut yang dilihat oleh Nabi Sulaiman a.s bersama bala tentaranya.

Allah berfirman:
“Wahai para semut, masuklah ke dalam rumah-rumah kalian agar kalian tidak terinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari” (QS. An-Naml: 18).
Dari ayat ini disimpulkan bahwa semut berbicara dengan 10 macam bentuk kalimat, yaitu: panggilan, mohon, perhatian, penyebutan, perintah, penetapan, peringatan, pengkhususan, memberikan pemahaman, generalisasi dan permohonan maaf.

Termasuk kecerdasan semut adalah jika mereka mendapatkan biji-bijian dan dibawa kesarangnya, maka mereka memecah biji-biji itu agar tidak tumbuh. Jika yang mereka temukan adalan biji dengan dua potong, maka mereka pecahkan menjadi empat.

Jika biji itu terkena teteasan air dan mereka khawatir akan rusak, maka mereka keluarkan agar terkena sinar matahari, kemudian mereka kembalikan ke sarang mereka. Termasuk kecerdasan mereka adalah mereka tidak pernah membuat rumah kecuali di tempat yang tinggi agar tidak terkena air.

Dan semua kecerdasan semut tersebut adalah salah satu bukti kebesaran Allah. Dan semut adalah umat-umat yang selalu bertasbih kepada Allah sebagaimana yang terdapat dalam Shahih Bukhori:

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang Nabi duduk di bawah sebuah pohon, kemudian seekor semut menggigitnya.

Nabi itu kemudian mengoyak-oyak pohon itu dengan alat yang ada padanya dan membakar sarang semut. Karena itu kemudian Allah memberikan wahyu kepadanya: karena seekor semut menggigitmu, maka kamu membakar sekelompok hamba yang bertasbih. Mengapa tidak satu semut saja yang kau bakar”. (Fath al-Bari, 6: 3019)

Dari berbagai sumber

Baca Juga : Bukti Kekuasaan Allah pada Burung

Rahasia Penciptaan Allah pada Anjing

Keajaiban Terjadinya Bumi Sebagai Tanda Terbesar Kekuasaan Allah

Inilah, Rahasia Penciptaan Unta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: